Tari Alang Babega Minangkabau Sumatera Barat

Tari Alang Babega Minangkabau Sumatera Barat | TradisiKita - Tari alang babega merupakan tari tradisional Sumatera Barat. Tari Alang Babega ini menggambarkan kehidupan burung elang, dimana gerakannya meniru dari gerakan terbang burung elang ketika di udara yang sedang bersiap menukik untuk menyambar mangsanya.

Untuk Sobat Tradisi yang ingin mengenal tarian tradisional Sumatera Barat yang satu ini bisa menyimak penjelasan dibawah ini yang akan mengungkap keindahan tari alang babega Minangkabau.

Gerakan tari Alang Babega sangat sederhana, yaitu menggambarkan seperti gerakan burung atau meniru gerakan burung elang di udara yang kemudian menukik dan menyambar ayam.

Garakan Tari Alang Babega

tari alang babega

Tari alang babega ini merupakan tarian yang telah lama ada dan telah berumur ribuan tahun silam
Gerakan tari ini adalah tarian yang sederhana karena pada konsepnya hanya menggambarkan seperti gerakan burung atau meniru gerakan burung elang di udara yang kemudian menukik dan menyambar ayam. Tarian ini karena tercipta secara sederhana dan banyak meniru gerakan alam sekitar, yang dalam hal seperti ini banyak digunakan dalam berbagai jenis tari tradisional. Gerakan dengan meniru alam merupakan wujud apresiasi terhadap alam.

Berdasarkan tampilanya tari alang ini banyak menggerakan pada bagian tangan sebagai tiruan meniru gerakan burung elang yang diwujudkan melalui gerakan lengan. Gerakan sayap elang dengan gerakan menukik seperti terbang. Pada awalnya gerakan tari ini seperti terbang melayang yang kemudian dengan gerakan dinamis dan menyambar anak ayam di tanah.

Jumlah Penari Alang Babega dan Kostum yang Digunakan

Penari tarian Alang Babega ini berjumlah dua sampai enam orang atau lebih dengan menyesuaikan koreografer. Penari alang babega biasanya penari  laki – laki dan perempuan yang menari secara bersama-sama, atau penari laki-laki semua atau perempuan semua.
Para penari alang babega menggunakan busana yang merupakan baju adat Sumatera Barat. Busana dan tatarias tari ini sangat terlihat meriah serta gerakan yang menarik serta dinamis dan berkesan lebih menarik.

Perkembangan Tari Alang Babega


Sebagai tarian kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, tari alang babega ini diajarkan dari generasi ke generasi, serta banyak ditampilkan diberbagai acara yang sifatnya nasional dan internasional.

Video Tari Alang Babega


Berikut cuplikan tarian alang babega dari Sumatera Barat :



Demikian Sobat Tradisi, sekilas informasi mengenai tari alang babega dari Sumatera Barat. semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Tari Alang Babega Minangkabau Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel