Tari Panen Sumatera Barat

Tari Panen Sumatera Barat | TradisiKita - Tari Panen adalah tari tradisional Sumatera Barat yaitu tarian yang menggambarkan kehidupan petani di Sumatera Barat dari mulai mencangkul, membajak dan menanam padi.

Provinsi Sumatera Barat memang memiliki beragam budaya dan kesenian yang unik. Lihat saja rumah adat Sumatera Barat yang dikenal dengan rumah gadang. Bentuk bangunan ini sungguh unik dan arstistik. Demikian pula dengan pakaian adat Sumatera Barat yang berbeda dari provinsi lainnya di Indonesia. Nah, keunikan tersebut juga bisa ditemukan didalam tari tradisional yang dikenal dengan nama tari panen.

Sejarah Tari Panen


Jika saat ini tari panen yang berasal dari Sumatera Barat berfungsi sebagai seni pertunjukan, ternyata berdasarkan sejarah tari panen pada zaman dahulu, tari panen ini juga berfungsi sebagai upacara dalam menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada sang dewi, atau disebut juga dengan dewi padi.

Dan upacara panen ini dilakukan pada malam hari dengan mengarak seorang gadis dara, sebagai lambang dari dewi tersebut. Dan arak-arakan tersebut berhenti di suatu tempat yang luas ( lapangan )

Makna Tari Panen Sumatera Barat


Selain menggambarkan kehidupan para petani di Sumatera Barat, tari panen juga memiliki makna  suka cita, kelompok masyarakat tradisional minangkabau dalam mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau , dan saling tolong menolong. Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.

Kostum dan Properti Penari

Tari Panen Sumatera Barat

Tarian Panen biasanya dibawakan oleh beberapa penari baik para penari laki-laki atau para penari perempuan. Mereka menari dengan mengenakan pakaian adat Sumatera Barat. Adapun properti yang digunakan oleh para penari ini antara lain tampah dan atau bakul.

Video Tari Panen

Untuk mengenal gambaran lebih jelas mengenai tari pane n ini, mari kita simak video tari panen dari Sumatera Barat dibawah ini :



Demikian Sahabat Tradisi, penjelasan mengenai tari panen dari Sumatera Barat. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tari Panen Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel