Tari Bidadari Terminang Anak

Tari Bidadari Terminang Anak | TradisiKita - Tari Bidadari Teminang Anak merupakan tarian tradisional klasik ini berasal dari Rejang Lebong, Bengkulu. Tarian ini kerap dipentaskan dalam berbagai kegiatan / event di Bengkulu misalnya ketika menyambut tamu agung, tamu kenegaraan, upacara perkawinan dan event lainnya.

Tari Bidadari Terminang Anak dari Bengkulu ini menggambarkan seorang bidadari yang turun dari langit menuju bumi untuk mengangkat seorang anak. Memiliki makna antara lain sebuah berkah yang datang dari langit pada manusia di bumi.

Bagaimana seluk beluk dari tari tradisional Bengkulu ini? TradisiKita telah merangkum informasi mengenai tari Bidadari Terminang Anak ini khusus untuk Sobat Tradisi di penjuru Nusantara.

Tari Bidadari Terminang Anak

Gambar Tari Bidadari Meminang Anak

Makna Tari Bidadari Meminang Anak

Banyak tari tradisional memiliki makna tertentu dalam tariannya. Demikian pula dengan tari Bidadari Meminang Anak atau sebagian orang Bengkulu menamakan pula Tari Bidadei Teminang. Tari Tradisional Rejang Lebong ini juga memiliki makna tertentu.

Tari Bidadari Terminang Anak atau Bidadei Teminang jika diartikan yaitu bidadari meminang anak, dinamakan demikian karena memang tari tradisional ini menceritakan  seorang bidadari yang turun dari langit menuju bumi untuk mengangkat seorang anak.

Pertunjukan Tari Bidadari Meminang Anak


Para penari terdiri dari beberapa perempuan, dengan satu perempuan yang memiliki kostum berbeda yang digambarkan sebagai orang bumi yang diangkat anak. Selain itu, kadang juga ditambah dengan beberapa penari laki-laki.

Tarian Bidadari Teminang Anak disajikan dengan gerakan yang cukup dinamis, ritmis dan harmonis antara satu penari dengan penari lainnya. Busana yang dipakai merupakan busana adat khas Rejang Lebong, Bengkulu yang menggambarkan kekayaan dan karakter Rejang Lebong.

Demikian informasi mengenai tari Bidadari Meminang Anak, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tari Bidadari Terminang Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel