Ini Dia 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung

Tempat Wisata di Pesisir Barat Provinsi Lampung sangat banyak Sobat, dan tentu saja semuanya merupakan tempat-tempat yang indah dan sayang kalau tidak dikunjungi saat berwisata ke Pulau Lampung.

Kabupaten Pesisir Barat merupakan sebuah kabupaten paling muda di Provinsi Lampung. Kabupaten Pesisir Barat ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat, yang disahkan berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung pada tanggal 25 Oktober 2012. Dan...baru diresmikan pada tanggal 22 April 2013.

Walaupun masuk dalam Kabupaten termuda di Lampung, namun Pesisir Barat memiliki beragam potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. Dengan dikembangkan menjadi sebuah kabupaten tersendiri, tentu hal ini akan medukung percepatan pembangunan infrasruktur yang akan menopang berbagai industri di Kabupaten yang beribukota di Krui ini.

Pada kesempatan ini, TradisiKita akan mengajak teman-teman untuk mengenal 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat, Lampung.

Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung

Kabupaten Pesisir Barat, Lampung,  memiliki banyak tempat wisata pantai dan wisata alamnya. Sobat bisa mengunjungi berbagai tempat wisata ini dengan keluarga. Selain itu di Provinsi Lampung, Sobat juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Lampung serta membawa oleh-oleh khas Lampung yang bisa dibeli diberbagai gerai oleh-oleh Lampung.

1. Pulau Pisang


daftar tempat wisata di pesisir barat lampung - Pulau Pisang
Pulau Pisang - eloratour.wordpress.com
Pulau Pisang menjadi daftar pertama dari tempat wisata di Pesisir Barat Lampung. Pulau Pisang yang memiliki luas 148,82 km, merupakan pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Tempat Wisata yang memiliki pemandangan pantai yang sangat menawan di Lampung ini diberi nama Pulau Pisang, konon karena bentuknya jika dilihat dari puncak daratan Pulau Sumatra menyerupai pisang.

Apa yang ada di Pulau Pisang? Selain keindahan pantainya yang mempesona, Pulau ini juga memiliki beberapa spot wisata diantaranya  Pantai Dermaga. Pantai ini terletak di Pekon Pasar. Spot ini memiliki ciri khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain, yaitu adanya tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak. Selain itu masih ada Batu Tiga yang berada di Pekon Sukamarga dan Batu Bughi (Ghuri).

Pantai Dermaga Lampung
backpackerjakarta.com

Selain spot wisata yang indah, dalam perjalanan menuju Pulau Pisang, jika beruntung Sobat akan menemukan gerombolan lumba-lumba. Bagaimana penasaran dengan Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung ini? 

Pulau Pisang Lampung
https://www.instagram.com/icky_way/


2. Pantai Pelabuhan Jukung

Tempat wisata di Pesisir Barat Lampung selanjutnya adalah Pantai Pelabuhan Jukung yang terletak di Terletak di Krui, kabupaten pesisir barat provinsi lampung. Tempat wisata ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga kurang cocok untuk arena berenang bagi anak-anak

Pantai ini termasuk salah satu aset milik Pemerintah Daerah Pesisir Barat dengan luas kurang lebih 12 hektar dan berlokasi di pusat kota Kabupaten. Karena letaknya yang strategis membuat pantai ini mudah dijangkau oleh para traveler. Bagi peselancar pemula yang baru belajar surfing bisa belajar di Pantai Labuhan Jukung ini.

Selain surfing dan bermain air dan ombak di Pantai Labuhan Jukung ini, traveler juga dapat bermain sepeda menyusuri sepanjang pantai berpasir putih yang cukup menawan



http://mdmila11.blogspot.com

http://mdmila11.blogspot.com

3. Pantai Tanjung Setia

Tak jauh dari pantai pelabuhan jukung, ada pantai Tanjung Setia yang juga merupakan surganya para peselancar. Pantai Tanjung Setia ini terletak di Terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Ombak di Pantai Tanjung Setia ini memiliki ketinggian sekitar 6 sampai 7 meter. ombak tinggi di pantai ini terjadi pada bulan juni hingga agustus. bukan hanya memiliki ketinggian saja, namun juga memiliki panjang ombak sekitar 200 meter.

Dan karena letaknya yang terpencil maka wajar jika pantai ini dikenal sebagai surga "tersembunyi" bagi para surfer  yang melengkapi 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung

pantai tanjung setia
razonewane.com


4. Pantai Way Jambu

Tak jauh dari Pantai Tanjung Setia sekitar 4 KM ada pantai yang tak kalah menariknya. Namanya Pantai Way Jambu. Pantai Way Jambu sama seperti pantai-pantai sebelumnya yang juga digunakan oleh para surfer karena ombaknya yang bagus. Namun demikian, pantai ini juga dipilih para pengunjung sebagai tempat relaxing, sekedar menikmati keindahan panorama alam. Jadi tidak salah jika pantai Way Jambu ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata pantai diantara 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung.

Pantai Way Jambu Pesisir Barat Lampung
http://malahayati.ac.id/?p=18659

5. Pantai Karang Nyimbor

Masih di Pesisir Barat Provinsi Lampung, ada pantai yang juga tak kalah indah dari pantai lainnya. Nama Pantai Karang Nyimbor atau juga Pantai Ujung Bocur memang tak sementereng pantai-pantai lain di Pesisir Barat Lampung. Namun anda tidak boleh menyepelekan panorama sunset dan ombak yang ada di pantai ini.

Pantai Nyimbor yang terletak di Dusun Bumi Agung, Kecamatan Biha, Kabupaten Pesisir Barat. Bagi yang hobi mancing, konon Pantai Nyimbor ini merupakan surganya pemancing karena di sini mereka dapat menemukan ikan tunai hinggau blue marlin.

Seperti halnya pantai lain yang sudah dibahas diatas, pantai Nyimbor juga memiliki ombak yang tinggi yang cocok untuk para peselancar. Waktu terbaik untuk berselancar disini adalah April - Oktober dengan ombak mencapai 2 - 5 meter.

6. Pantai Mandiri

Masih seputar pantai, 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung akan mengupas Pantai Mandiri. Pantai Mandiri terletak di Krui, Pesisir Barat, Lampung. Jika dilihat jaraknya dari Bandar lampung, Pantai ini sangatlah jauh. Dari Bandar lampung ke Pantai Mandiri ini bisa menghabiskan waktu selama 5-6 jam perjalanan. Untuk bisa ke tempat ini pengunjung harus melewati daerah Pringsewu, terus jalan hingga nanti tiba di daerah pesisir barat.

Walau memiliki panorama pantai yang tak kalah dengan pantai lainnya, pantai ini belum tersentuh oleh pemerintah dan masih alami. Fasilitas yang tersedia hanya dibuat oleh masyarakat sekitar, seperti permainan anak yaitu ayunan, lalu hanya ada sedikit warung warung kecil yang menjajakan barang dagangannya. Belum ada saung saung juga untuk berterduh dari panasnya terik cahaya matahari. Untuk toilet belum ada, apalagi tempat penginapan sama sekali belum ada karena dilihat dari lokasinya pun, sedikit jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

https://www.ajiprasetyo.com/pantai-mandiri-lampung/

7. Gua Matu

Salah  satu destinasi wisata selain pantai yang melengkapi  10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung ini adalah Gua Matu. Gua yang memiliki cerita misteri yang hingga kini terus melekat dalam diri masyarakat Krui Ibukota Kabuaten Pesisir Barat. Melalu jalur darat, semua orang dapat berkunjung dengan mudah menuju Gua Matu.

Gua Matu ini ditujukan untuk pengunjung yang menyukai suasana alam. Memasuki kawasan gua, pengujung jelas akan terpikat, hamparan hutan yang dihiasi sungai dengan air sangat jernih membuat suasana semakin sejuk. Wisatawan juga akan disajikan akan pemandangan ribuan kelelawar yang ada di dalam gua tersebut.

http://www.hasbundoya.com

8. Rhino Camp Sukaraja Atas


Rhino Camp Sukaraja Atas merupakan tempat pengamatan potensi flora fauna yang ada di jalan lintas Barat Sanggi – Bengkunat, tepatnya di Sukaraja Atas, letaknya di gerbang masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang berjarak sekitar 95 Km atau 2,5 jam perjalanan darat dari pusat Kota Krui.
http://malahayati.ac.id/?p=17126

Tempat ini cocok bagi pecinta alam dengan beragam aktifitas yang dapat dilakukan antara lain adalah :

  • Trekking Hutan Hujan Tropis
  • Bird Watching
  • Melihat Bunga Raflesia Mekar (Maret-Juli)
  •  Fotografi.

Rhino Camp ini bisa jadi salah satu pilihan dari 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung.

9. Ekowisata Pemerihan

Tempat berwisata kali ini cukup unik dan juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata di Pesisir Barat Lampung. Namanya adalah Ekowisata Pemerihan atau dikenal dengan Way Pemerihan. Ekowisata Pemerihan adalah nama lain dari pos patroli gajah yang ada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan juga sekaligus menjadi salah satu spot kunjungan ke taman nasional tersebut.

Gajah terlatih dengan Petugas Jagawana siap untuk melakukan patroli hutan mengatasi kegiatan ilegal di taman nasional. Potensi ekowisata yang terkandung di hutan meliputi sungai dan hutan sebagai habitat flora dan fauna seperti burung enggang, gajah, harimau, rusa dan elang.

oknusantara.com

Aktivitas Way Pemerihan :
Naik gajah menyusuri sungai dan hutan perjalanan dikawal oleh Petugas Jagawana selama setengah atau satu jam menikmati suasana hutan tropis.
Atraksi lainnya yaitu kesenangan dari gajah mandi di sungai Way Pemerihan dan memberi makan gajah dengan pakan yang telah disediakan.

10. Penangkaran Penyu Muara Tembulih

Pilihan terakhir dari 10 tempat wisata di Pesisir Barat, Provinsi Lampung adalah penangkaran penyu muara tembulih. Penangkaran Penyu ini terletak di Pekon Muara Tembulih Ngambur dan merupakan satu-satunya penangkaran biota laut yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Salah satu daya tarik dari penangkaran penyu ini adalah jenis penyu yang ditangkarkan adalah penyu belimbing yang merupakan penyu khas Pesisir Barat.


Di Penangkaran Penyu ini kita bisa menyaksikan proses pelestarian penyu mulai dari penetasan telur hingga pelepasan ke laut lepas. Tapi selain kita bisa melihat proses pelestarian penyu, pemandangan yang asri pun bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Untuk dapat mencapai 10 Daftar Wisata di Pesisir Barat Provinsi Lampung diatas, Sobat bisa menggunakan sarana transfortasi umum maupun mobil pribadi. Akses jalan menuju Pesisir Barat pun sudah cukup baik Sobat.

Demikian Sobat Tradisi, 10 Daftar Tempat wisata di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Hayooo siapa mau mengunjungi salah satu tempat wisata diatas? bagi-bagi cerita ya...

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 10 Daftar Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel