26 Makanan Khas Palembang - Sumatera Selatan

26 Makanan Khas Palembang - Sumatera Selatan | TradisiKita - Kota Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Kota Medan. Kota Palembang yang merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Selatan memiliki beragam kuliner yang memiliki cita rasa khas.

Mungkin diatara Sobat Dapur sudah mengenal makanan khas Palembang yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu pempek. Nah.., kali ini DapurKita akan menyajikan makanan khas Palembang selain pempek tadi. Jadi Sobat ga akan bingung memilih makanan khas Palembang kalau berkesempatan berkunjung ke sini.

Makanan Khas Palembang

Sobat Dapur, berikut ini adalah daftar 25 Makanan Khas Palembang yang wajib Sobat ketahui supaya tidak bingung untuk membeli makanan khas sebagai oleh-oleh bagi penulis.. :D

1. Kue Srikayo Khas Palembang

Kue Srikayo merupakan makanan khas Palembang yang mudah ditemukan, bahkan Sobat Dapur bisa mencoba membuat sendiri Kue Srikayo ini.Kue Srikayo berbahan dasar utama telur dan daun pandan, berbentuk mirip puding. Kue berwarna hijau ini biasanya disantap dengan ketan dan memiliki rasa manis dan legit.


2. Kue Delapan Jam Khas Palembang

Kue Delapan Jam dengan adonan mirip kue maksubah, kue ini sesuai dengan namanya karena dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu delapan jam. Kue khas Palembang ini juga sering disajikan sebagai sajian untuk tamu kehormatan dan sering disajikan di hari raya.



3. Kue Maksuba Khas Palembang

Kue Maksubah, yaitu kue khas Palembang yang berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis. Dalam pembuatannya telur yang dibutuhkan dapat mencapai sekitar 28 butir. Adonan kemudian diolah mirip adonan kue lapis. Rasanya enak, manis dan legit. Kue ini dipercaya sebagai salah satu sajian istana Kesultanan Palembang yang seringkali disajikan sebagai sajian untuk tamu kehormatan. Namun saat ini kue maksubah dapat ditemukan di seluruh Palembang dan sering disajikan saat hari raya.

4. Kue Lapis Kojo

Berbeda dengan Kue Maksuba yang mengandung banyak susu, Kue Kojo yang juga merupakan makanan yang sering ditemui pada saat hari raya di Palembang dengan rasa manis dan pembuatannya menggunakan banyak sekali telur bebek dan telur ayam. Warna hijau yang didapat berasal dari daun suji dan pandan. Selain rasa lebih gurih, tampilannya juga semakin cantik kan?

5. Kue Bolu Suri Khas Palembang

Kue yang satu ini tampilannya seperti bika ambon, tapi jangan salah kue satu ini merupakan makanan khas Palembang Sobat. Namanya adalah kue bolu suri. Kue ini juga sering dihidangkan sebagai sajian dihari raya.

6. Kue Gandus Khas Palembang

Kue Gandus merupakan makanan khas Palembang yang dibuat menggunakan tepung beras dan tepung kanji. Bentuknya kecil-kecil dan bisa ditemui di pasar tradisional di Palembang. Rasanya asin pedas dan gurih. enak sekali untuk cemilan atau sarapan pagi. Kue yang bertekstur sangat lembut dan legit ini biasanya ditambahkan ebi atau abon, daun seledri, bawang goreng, dan potongan cabe merah.

7. Kue Lumpang 

Kue lumpang merupakan makanan khas Palembang yang berbentuk seperti lumpang yaitu alat tumbuk yang biasa digunakan di dapur. Rasa kue ini manis biasa disajikan dengan parutan kelapa. Cocok sebagai teman sarapan pagi hari bersama kopi.

8. Kue Dadar Jiwo

Dadar Jiwo biasa juga disebut Gulungan Kuning, karena warnanya yang kuning dan bentuknya yang bergulung, ditambah dengan taburan bawang goreng, abon, daun sop dan irisan cabe yang menambah cantik dan gurih makanan ini.

Apabila dilihat sekilas, panganan ini biasa saja. Justru bagian yang unik ketika mencoba rasa lebih dalam, saat dimakan bagian tengah dadar jiwo mengandung tumisan pepaya muda yang mengandalkan rasa gurih. Tak cukup sampai disitu, taburan glondo (rebusan santan hingga kental) dibagian luar mempertebal rasa gurih yang dihasilkan. “Rasanya gurih, bagian dalam basah karena tumisan pepaya muda sementara bagian luar kering karena mengandung tumisan bawang goreng dan glondo.

Dadar Jiwo merupakan makanan khas Palembang yang langka ditemukan.. Jadi pastikan Sobat Dapur mencobanya.

9. Kue Engkak Ketan

Selain menjadi makanan khas Lampung, engkak ketan ternyata juga biasa ditemui di Palembang. Kue legit ini terbuat dari ketan, gula, santan dan telur.  Kue ini dapat ditemui di hampir setiap rumah pada saat perayaan Idul Fitri.


10. Lempok Durian Khas Palembang

Lempok dikenal sebagai makanan khas yang dibuat dari buah durian. Olahan durian ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera mulai dari Lampung, Palembang, Bengkulu dan Riau. 
Soal rasa, lempok durian yang juga merupakan makanan khas Palembang ini tidak perlu ditanya lagi, pasti eeeenak Sobat.. :D

11. Pindang Patin Khas Palembang

Pindang Patin, salah satu makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging ikan patin yang direbus dengan bumbu pedas dan biasanya ditambahkan irisan buah nanas untuk memberikan rasa segar. Nikmat disantap dengan nasi putih hangat, rasanya gurih, pedas dan segar.

12. Pindang Tulang Khas Palembang

Pindang Tulang adalah makanan khas Palembang berbahan dasar tulang sapi dengan sedikit daging yang masih menempel dan sumsum di dalam tulang, direbus dengan bumbu pedas, sama halnya dengan pindang patin, makanan ini nikmat disantap sebagai lauk dengan nasi putih hangat.


13. Tekwan Ikan

Tekwan, makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

14. Mie Celor Khas Palembang

Mie Celor merupakan kuliner atau makanan khas Palembang berbahan dasar mie kuning dengan ukuran agak besar mirip mie soba dari Jepang, disiram dengan kuah kental kaldu udang dan daging udang.

15. Burgo

Makanan khas Palembang yang satu ini disebut dengan Burgo. Burgo, berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris, dinikmati dengan kuah santan.

16. Lakso

Lakso juga merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras sama seperti burgo namun bertekstur seperti mie, namun untuk kuah berbeda dengan kuah burgo


17. Model

Model yang dimaksud disini adalah makanan khas Palembang. Yaitu makanan yang dibuat dari bahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk seperti pempek dan disiram kuah kaldu udang dan diberi bihun sebagai pelengkap.
Di Palembang, model ini ada dua macam, yaitu model gendum dan model iwak.


18. Celimpungan

Celimpungan adalah sajian dan makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan dan santan sebagi kuahnya. Dan biasanya kuah yang dipakai adalah kuah pedas untuk menjadikan makanan lebih nikmat.
Isi dari celimpungan sendiri adalah adonan pempek yang dibuat menjadi seperti bakso. Biasanya sebagai pelengkap ditambahkan bawang goreng sebagai toppingnya. Anda bisa menemukan makanan ini diberbagai penjuru kota Palembang.


19. Laksan

Laksan, berbahan dasar pempek lenjer tebal, dipotong melintang dan kemudian disiram kuah santan pedas seperti halnya Celimpungan


20. Malbi

Malbi merupakan hidangan masakan daging khas masyarakat Palembang, Sumatera Selatan. Aslinya memang terdapat banyak variasi bumbu yang digunakan, ada pula berkuah pekat seperti semur daging. Menu ini biasa disajikan saat hajatan atau kenduri dan hari raya karena sangat enak dimakan bersama ketupat atau lontong. Berikut kreasi sederhana membuat malbi daging sapi.


21. Tempoyak

Seperti halnya di Lampung, Tempoyak juga dapat ditemukan di Palembang. Makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging durian ini yang ditumis beserta irisan cabai dan bawang, bentuknya seperti saus dan biasa disantap sebagai pelengkap makanan, rasanya unik dan gurih.

22. Godo-Godo

Nah loh, ini bukan gado-gado ya Sobat Dapur.. makanan khas Palembang yang satu ini disebut godo-godo. Sebenarnya sama saja dengan pempek hanya berbeda dari penamaan. Godo ini juga bisa dikategorikan sebagai turunan pempek, karena adonan yang digunakan agak mirip meskipun tidak menggunakan daging ikan. Malah, godo ini banyak terbuat dari udang sebagai bahan utamanya. Mungkin karena paling nikmat disantap menggunakan kuah cuko pempek, maka jadilah godo ini disebut pempek.

23. Otak-otak

Otak-otak, varian pempek yang telah tersebar di seluruh Indonesia, berbahan dasar mirip pempek yang dicocol dengan kuah santan dan kemudian dibungkus daun pisang, dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api dan biasa disantap dengan saus cabai / kacang.

Sepertinya otak-otak ini sudah sangat terkenal ya Sobat, hampir disemua makanan di Bandung contohnya, selalu menyajikan otak-otak sebagai camilan menunggu menu utama yang dipesan

24. Telok Ukan

Telok ukan adalah makanan khas palembang yang terbuat dari telor bebek yang dikeluarkan isinya, lalu di aduk dengan santan. setelah itu dimasukan lagi kedalam telur. Setelah itu di kukus.


25. Gulo Puan

Puan berarti ’susu’ dalam bahasa daerah Sumatera Selatan (Sumsel). Gulo puan bisa diartikan ’gula susu’ sesuai bahan dasarnya, yaitu gula dan susu yang dibuat menjadi sejenis karamel.

Teksturnya lembut sedikit berpasir dengan warna coklat. Gulo puan yang rasanya mirip keju manis itu sangat sedap untuk campuran minum kopi atau olesan roti dan pisang goreng. Konon, gulo puan ini pada zaman dahulu merupakan makanan bangsawan Palembang

26. Es Kacang Merah

Es kacang merah merupakan ikon minuman khas Palembang yang sangat disayangkan jika Sobat terlewat mencicipinya. Sama seperti pempek, es kacang merah ini sangat mudah ditemukan di seputar kota Palembang


Demikian Sobat, 26 makanan khas Palembang yang wajib Sobat kenal agar tidak rugi jika berkunjung ke Palembang, tidak sempat merasakan sensasi kuliner dan kue, minuman dan makanan khas Palembang.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel lainnya.

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26 Makanan Khas Palembang - Sumatera Selatan"

Posting Komentar