12 Makanan Khas Madura Yang Bikin Lapeeer

12 Makanan Khas Madura Yang Bikin Lapeeer | TradisiKita - Jika pada kesempatan yang telah lalu TradisiKita sudah mengulas 25 Makanan Khas Jawa Timur, kali ini masih seputar Provinsi yang beribukota di Kota Surabaya ini Sahabat. Namun artikel kali ini kita akan lebih spesifik lagi menguak kedahsyatan kuliner dari Pulau yang dikenal dengan Karapan Sapi nya. Apa lagi kalau bukan Makanan Khas Madura yang bikin kita lapeeeeeeeer :D

Kali ini TradisiKita memilik informasi 12 Makanan Khas Madura yang wajib kamu coba.

12 Makanan Khas Madura :

1. Topak Ladhe Khas Bangkalan Madura

Kuliner pertama berupa makanan khas Madura adalah Topak Ladhe. Topak Ladhe merupakan makanan berkuah santan yang terbuat dari daging. Makanan khas Kota Bangkalan ini biasanya disajikan pada tradisi Tellasen Topa', yaitu tradisi perayaan masyarakat Bangkalan ketika selesai melaksanakan shaum di bulan ramadhan dan puasa sunnah 6 hari setelah hari raya Idul Fitri. Topak Ladhe disajikan bersama lontong yang sudah dipotong-pontong tentunya.

Walau tradisi penyajian topak ladhe pada waktu hari raya Idul Fitri, Sobat yang berkunjung ke Madura jangan berkecil hati, di Pasar Senen BKL Bangkalan - Madura.

Makanan Madura yang Bikin Laper
Topak Ladeh

Untuk Sobat Dapur yang ingin membuat topak ladhe sendiri, silahkan kunjungi Resep Topak Ladeh Khas Bangkalan.

2. Sate Madura

Siapa diantara Sobat Dapur yang tidak pernah mendengar atau mungkin belum pernah mencoba Sate Madura? Wah... teramat sangat sayang sekali ya Sob?? heheh. Sate madura adalah makanan khas madura yang sudah sangaaaaad terkenal. Bahkan bisa ditemui disuluruh pelosok Indonesia. Sate ini sepertinya sudah menjadi ikon nasional, dengan ciri khas penjualnya yang mengenakan baju hitam dan dalaman berupa kaos garis-garis merah khas Pakaian Khas Madura (padahal kenyataanya para penjual sate madura tidak selalu pakai baju seperti itu), dan tentu dengan teriakan penjualnya yang bergaya madura ; Te.. Satteeeeeee..

Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari.

Sate Madura yang merupakan makanan khas Madura biasanya terbuat dari daging ayam. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tetapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.

Sate Madura

3. Soto Madura


Kalau diatas kita sudah mengenal sate Madura, sekarang ada Soto Madura. Makanan Khas Madura yang satu ini juga sudah terkenal di Nusantara.

Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya adalah dengan merebus daging sapi dengan air secukupnya sampai matang(sisihkan).Masukkan bumbu yg telah dihaluskan bersama serei kedalam kaldu daging, dimasak hingga kuah mendidih.Kuahnya ditaburi daun bawang, daun seledri dan bawang goreng campur sedikit bawang putih.dihidangkan bersama-sama sambal soto dan irisan jeruk nipis.

Soto Madura
Soto Madura | klikhotel.com
Selain dikenal sebagai Soto Madura, makanan ini juga memiliki beberapa variasi tergantung dari asalnya. Dikenal beberapa soto khas yang ada di Madura, antara lain :


  • Soto Sumenep : Soto ini disajikan dan dimakan dengan singkong, tauge goreng, bihun, bawang daun, bawang goreng, lontong, daging sapi atau usus sapi. Yang membedakan dengan Soto Pamekasan & Soto Bangkalan adalah bumbu kacangnya yang terdiri dari kacang, petis dan pisang muda yang diulek halus.
  • Soto Pamekasan : terdiri dari kentang rebus, perkedel kentang, tauge, daging sapi atau daging ayam, soun, lontong, dan disiram dengan kaldu bening dengan bumbu merica dan bawang putih. Disajikan dengan bawang goreng, daun seledri, rempeyek dan bakwan jagung.
  • Soto Bangkalan : memakai tauge dan soun dengan daging sapi, ayam atau jeroan. Disajikan dengan ditaburi kentang goreng dan kuah kuning berbumbu kunyit dan jahe.


4. Rujak Selingkuh


Waduh-waduh.... ternyata tidak hanya manusia yang bisa selingkuh. Di Madura, rujak juga bisa selingkuh. heheheh. Namanya yang unik mungkin menjadikan kuliner makanan khas Madura ini menjadi sangat istimewa.

Sama seperti rujak pada umumnya, Rujak Selingkuh ini terbuat dari campuran kacang dan petis khas Madura dengan potongan buah-buahan dan tidak lupa lontong. Lalu apa sih yang membuat Rujak Selingkuh bisa berbeda dengan rujak pada umumnya ? Yang membedakan Rujak Selingkuh dengan jenis rujak lainnya adalah adanya campuran kuah soto Babat yang ada di dalamnya.Selain itu ada campuran Singkong yang ditumbuk lalu dikukus dan dipotong-potong kecil.

Rujak Selingkuh dapat kita nikmati didaerah Sumenep yaitu ditengah kota Sumenep antara lain di Jl. Wahidin - Pajagalan Sumenep, dengan harga 13 ribu untuk 1 porsi penuh. Wah... buat yang doyan makan, rujak sumenep yang merupakan makanan khas madura ini cocok nih dicoba

Rujak Selingkuh Khas Madura
ayuavenue.wordpress.com

5. Campor Lorjuk


Makanan Khas Madura lainnya disebut dengan Campor Lorjuk. Hhmmm..... pa lagi ini ya? :D Makanan khas madura yang satu ini terbuat dari Lorjuk. Hayoooo masih bingung? Lorjuk itu adalah sejenis kerang laut yang berbentuk memanjang, sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai kerang bambu.

Jadi Campor Lorjuk ini adalah sejenis soto namun berbahan  dasar Lorjuk. Satu porsi Campor Lorjuk terdiri dari irisan lontong, mie soun yang sudah dimasak, kacang (Oto’) yang dimasak dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, kemudian disiram dengan kuah Campor Lorjuk dan tidak lupa diberi taburan Lorjuk yang sudah dimasak dibagian atasnya sebagai topping.

Untuk mendapatkan satu porsi campur lorjuk seharga 7 ribu ini, Sobat bisa berkunjung ke Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Campor Lorjuk Khas Pamekasan Madura

6.  Nasi Serpang


Nasi Serpang adalah makanan khas Madura tepatnya di Kota Bangkalan. Sekilas tampilan nasi serpang ini layaknya nasi campur biasa, yaitu nasi dengan lauk pauknya. Namun ada yang istimewa dengan nasi serpang khas kota Bangkalan.

Nasi yang digunakan pada Nasi Serpang sangat pulen hingga sangat nyaman dan lembut saat di kunyah di dalam mulut di tambah perpaduan lauknya yang pas sekali, seperti soun (mie lembut), pepes ikan cakalan, potongan telur asin, kerang yang telah di bumbuhi, sambel terasi, di tambah kuah santan berisi potongan tahu lembut serta kerupuk kulit sapi yang sudah di goreng, rempeyek gurih menambah gereget di lidah dan yang paling istimewa adalah penambahan Dendeng Sapi.


7 Kaldu Kokot dan Soto Kokot Madura


Kokot atau kikil merupakan makanan rakyat yang sangat populer di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura. Tak heran jika Sobat berjalan-jalan ke Sumenep maka Sobat akan menemui kuliner bernama Kaldu Kokot dan Soto Kokot Khas Sumenep Madura. Perbedaan dua olahan Kokot ini hanya terletak pada penyajiannya. Soto kokot disajikan tanpa kacang hijau, sedangkan Kaldu Kokot disantap dengan campuran rebusan kacang hijau

Pada umumnya kokot dimasak dari jeroan, sumsum, dan kaki sapi, kokot adalah masakan yang mampu menumbuhkan rasa rindu pada Madura. Kaldu Kokot merupakan kuliner sejenis sop dengan bahan utama kacang kedelai atau kacang hijau yang direbus dengan berbagai macam bumbu khas jawa seperti bawang merah, bawang putih, jahe, pala, dan daun bawang. Kuahnya agak kental dengan tambahan potongan kikil kaki sapi, kadang juga ada yang menyajikannya dengan tulang kaki sapi, lalu ditambah dengan bumbu dari ulegan kacang dan petis.


Kaldu Kokot biasanya disajikan dengan lontong yang sudah dipotong-potong atau dibiarkan utuh, ada juga yang menambahkan singkong goreng atau singkong rebus sebagai pengganti lontong.

Kaldu Kokot | ksmtour.com

8. Bebek Songkem Madura


Kuliner atau Makanan Khas Madura memang unik. Salah satunya adalah bebek songkem. Bebek Songkem adalah sajian bebek yang diberi bumbu halus khas madura, kemudian dibungkus daun pisang dan dikuku selama 3 jam. Setelah matang bebek songkem madura ini siap disajikan selagi hangat.

Bebek Songkem Madura | resepdanmasakan.com

9. Rujak Cingur

Makanan khas Madura selanjutnya juga cukup dikenal tidak hanya di Madura, tapi juga di Jawa Timur dan sudah terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Rujak Cingur terkenal akan kekhasannya. Cingur sendiri berarti hidung sapi. Hmmm... seperti apa rasanya ya?



Rujak Cingur sebagai Makanan khas madura ini terbuat dari berbagai bahan yaitu sayur yang direbus, tahu, tempe, lontong, bumbu dan cingur sapi. Rasanya yang sangat nikmat, pasti akan membuat kamu ketagihan. Penyajian rujak cingur biasanya menggunakan bumbu petis asli Madura. 

10. Nasi Jagung

Sejak zaman dahulu Nasi Jagung terkenal sebagai makanan khas Madura. Nasi Jagung sangat cocok dihidangkan bagi penderita diabetes. Penyajian nasi jagung biasanya dilengkapi dengan lauk pauk antara lain peyek, sayuran urap serta sambel goreng dan tempe

Nasi Jagung Madura ~ Sidome.com

11.Tajin Sobih 


Tajin Sobih atau Bubur Sobih ini merupakan salah satu kuliner / makanan khas Madura yang berasal dari Kabupaten Bangkalan. Tepatnya berasal dari Desa Sobih Salah satu desa kecil yang terletak di Kecamatan Bangkalan. Sebagian besar penjual Tajin Sobih ini memang datang langsung dari Desa Sobih itulah mengapa dinamakan Tajin Sobih.

Apabila tajin dikenal adalah merupakan air cucian beras, namun tajin sobih Bangkalan Madura ini dibuat dari tepung beras, tepung ketan, gula merah dan santan. Di Bangkalan Madura, tajin sobih dijual dengan harga 2500 saja.

Penjual Tajin Sobih Madura ~ ksmtour.com


12. Kue Olet Madura


Kue Olet merupakan kue tradisional yang terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian kukus dan dicampur ketan hitam. Olet disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan tangguli.  Tangguli berasal dari bahasa madura yang artinya Gula.Tangguli merupakan ciri khas dari makanan olet karena rasanya yang enak, manis dan apabila kita memakannya terasa bersoda saat di makan kita karena tangguli ini di buat dari sari siwalan yang di diyamkan sampai hampir menjadi cuka/arak setelah itu di masak hingga berwarna kecoklatan.

Kue Olet Khas Madura ~ sutriyonoooooo.blogspot.co.id/

Olet merupakan makanan tradisi masyarakat desa Bilepora sejak nenek moyang sampai sekarangpun makanan tersebut tetap di pertahankan dan menjadi ciri khas kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep Pulau Madura. Untuk mendapatkan satu porsi Makanan Khas Madura ini Sobat dapat membelinya di Pasar Lenteng Sumenep dengan harga sekitar 8 ribu saja

Demikian Sobat Tradisi, 12 Makanan Khas Madura semoga bermanfaat.


Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Makanan Khas Madura Yang Bikin Lapeeer"

Posting Komentar