Baju Adat Indonesia Bagian 5

Baju Adat Indonesia Bagian 5 | TradisiKita - Hai Sobat Tradisi, sudah lama kami belum posting artikel mengenai pakaian adat. Tentu Sobat sudah menunggu kelanjutan artikel mengenai baju adat Indonesia ini. Terkahir kita sudah mengenal berbagai pakaian adat dari Pulau Kalimantan, mulai dari Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Untuk Sobat yang belum membaca silahkan kunjungi postingnya : Pakaian Adat Indonesia Bagian 4

 Pada kesempatan ini, kita akan mengulas secara singkat baju adat Indonesia dari Pulau Sulawesi dan Papua. Langsung saja ya Sobat, mari kita pelajari satu persatu, berbagai baju adat Indonesia dari Sulawesi dan Papua, dibawah ini :

Baju Adat Indonesia Bagian 5

1. Baju Adat Sulawesi Barat


Sulawesi Barat memiliki keragaman tata busa atau baju tradisionalnya. Terlihat dari tari tradisional Sulawesi Barat yang memiliki keragaman dalam busananya. Misalnya, pada tari Bamba Manurung yang merupakan tarian adat Tradisional yang biasa dipertunjukkan pada saat acara pesta Adat Mamuju di hadapan para penghulu adat dan tokoh masyarakat Mamuju. Busana yang dipakai pada tari tersebut bernama baju Badu. Adapun perlengkapan atau aksesoris yang menghias pada baju ini ialah bunga beru-beru atau bunga melati dan kipas.



Ada lagi tari Bulu Londong yang merupakan tarian tradisional yang dilakukan sebagai pengucapan syukur dalam acara Rambutuka. Tarian ini menggunakan baju adat mamasa. Baju adat mamasa terbuat dari bulu burung. Adapun aksesoris yang melengkapi baju adat ini ialah kepala manusia, sengo, terompet alam bambu, tombak atau pedang. Tarian yang lainnya ialah tari Ma’bundu yang merupakan tarian perang tradisional kreasi baru yang dipadukan dengan beberapa tarian Tradisional Kecamatan Kalumpang dan kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Busana yang dipakai pada tari ini ialah pakaian kebesaran BEI. Baju kebesaran BEI dihiasi dengan ukir-ukiran yang terbuat dari kerang kecil. Pakaian kebesaran BEI dihiasi dengan topi bertanduk dan berpalo-palo. Aksesori pada bagian tangan berupa potto ballusu (gelang-gelang ditangan). Para penari menggunakan tombak, gendang.

Baca Selengkapnya disini.

2. Baju Adat Sulawesi Selatan

Salah satu baju adat Sulawesi Selatan yang cukup terkenal adalah baju bodo. Baju bodo merupakan baju adat suku Bugis yang tinggal di daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Dulu, baju bodo bisa dipakai tanpa penutup payudara. Hal ini sudah sempat diperhatikan James Brooke (yang kemudian diangkat sultan Brunei menjadi raja Sarawak) tahun 1840 saat dia mengunjungi istana Bone. Perempuan Bugis mengenakan pakaian sederhana. Sehelai sarung menutupi pinggang hingga kaki dan baju tipis longgar dari kain muslin (kasa), memperlihatkan payudara dan leluk-lekuk dada.[2] Cara memakai baju bodo ini masih berlaku pada tahun sampai tahun 1930-an.


3. Baju Adat Sulawesi Tengah

Setidaknya ada 4 baju adat Sulawesi Tengah yang bisa Sobat temui masing-masing dari 4 suku adat yang ada disana. Salah satunya adalah suku Kaili yang telah berdiam di kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Sigi dan kota Palu secara turun temurun.



Suku Kaili memiliki baju adat yang digunakan pada acara tertentu seperti pada acara pernikahan. Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum wanita dari suku kaili di kota palu dikenal dengan nama baju nggembe, semetara pakaian adat yang digunakan oleh kaum pria disebut baju koje/puruka pajana.

Simak penjelasannya disini.

4. Baju Adat Sulawesi Utara


Seperti halnya Sulawesi Selatan, masyarakat Sulawesi Utara juga memiliki beberapa baju adat dari masing-masing suku. Sebut saja baju adat suku Bolaang Mongondow. Untuk Sobat yang ingin mengenal berbagai baju adat dari Sulawesi Selatan dapat mengunjungi halaman ini.



5. Baju Adat Sulawesi Tenggara


Proses terciptanya pakaian adat adalah melalui tahapan panjang hasil perkembangan daya nalar, karsa atau rasa dari hasil daya budi dari generasi terdahulu sampai dengan sekarang. Seperti halnya dengan masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara. Sejak dahulu masyarakat Tolaki telah membuat pakaian yang dibuat dari kulit kayu, yang disebut dengan "Kinawo"


Cari tahu Baju Adat Sulawesi Tenggara tersebut hanya dihalaman ini.

6. Baju Adat Papu dan Papua Barat

Selain masyarakat di Pulau Sulawesi, masyarakat Papua dan Papua Barat memiliki baju adat tradisional yang cukup unik. Mungkin Sobat sudah tahu dan pernah mendengar koteka? Selain koteka, ternyata masyarakat Papua dan Papua Barat memiliki baju adat lainnya. Ada Holim, Yokal dan Sali.



Simak semuanya dihalaman Baju Adat Papua dan Papua Barat.

Demikian Sobat Tradisi, berbagai Baju Adat Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Semoga bermanfaat.



Bagian 1
 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baju Adat Indonesia Bagian 5"

Posting Komentar