6 Senjata Tradisional Jawa Tengah

6 Senjata Tradisional Jawa Tengah | TradisiKita - Indonesia memiliki beragam senjata tradisional yang sebagian masih ada hingga saat ini. Walaupun sebagian besar dari senjata-senjata tersebut telah berubah peruntukannya, namun setidaknya masih tetap lestari di bumi pertiwi

Salah satu contoh bergesernya nilai suatu senjata antara lain pada saat ini beberapa senjata telah dijadikan sebagai pajangan/hiasan, sebagai kelengkapan upacara adat, sebagai aksesoris busana pengantin dan sebagainya.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan pertamakali senjata tradisional tersebut dibuat. Pada masa lalu senjata tradisional dipergunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, berburu atau bercocok tanam.

Pada kesempatan ini, kita akan mengenal Senjata Tradisional Jawa Tengah. Nama senjata tradisional dari Jawa Tengah ini mungkin saja berbeda, namun juga tidak menutup kemungkinan bentuknya sama dengan senjata di daerah lain.

Senjata Tradisional Jawa Tengah


Senjata Tradisional Jawa Tengah
Proses pembuatan senjata tradisional Jawa Tengah
Berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun, setidaknya terdapat 6 senjata tradisional Jawa Tengah, dengan nama-nama dibawah ini :

1. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Keris

Keris merupakan senjata tradisional yang sudah sangat terkenal khususnya di Indonesia. Senjata dengan bentuk lekukan yang khas ini tidak hanya berfungsi sebagai senjata untuk berperang atau mempertahankan diri. Lebih dari itu, senjata keris juga di gunakan sebagai lambang jati diri, baik untuk diri sendiri, untuk keluarga ataupun untuk suku. Dalam kepemilikannya, keris milik raja tidaklah sama dengan bawahan dan rakyaktnya. Berbeda dari bilah kerisnya, juga berbeda dari perhiasan-perhiasan piranti pelengkap juga berbeda.

Dalam pembuatannya, keris dibuat oleh beberapa empu pembuat keris sejak zaman dahulu. Kombinasi bahan dasar pada materi baja dan meteorit, dengan menggunakan teknik tempa lipat, menjadikan indah pada fisik keris yang sudah terbentuk.





2. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Wedhung

Wedhung adalah merupakan senjata tradisional Jawa Tengah yang barangkali masih kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, tidak seperti halnya keris. Bentuk dari senjata tradisional wedhung ini hampis sama seperti pisau yang memiliki satu mata bilah yang sangat tajam. Dia dilengkapi dengan serangka yang terbuat dari kayu jati.

Wedhung yang merupakan senjata tradisional Jawa Tengah dimaknai sebagai kesiapan abdi dalem kepada raja yang sedang berkuasa.


Wedhung ternyata tidak hanya dijumpai di Jawa Tengah saja, melainkan beberapa daerah lain seperti Bali dan Cirebon. Belum diketahui pasti kapan awal dibuatnya model wedhung, akan tetapi kalau dilihat dilapangan banyak ditemukannya type mirip wedhung dialiran sungan brantas dan cirebon kemungkinan sudah ada sekitar abad 10 an dimana wedhung berkembang pada era Demak. Bahwa wedung adalah senjata trendi masa itu itu terbukti terdapat sebuah kampung namanya desa Wedung, sejarahnya tempat memproduksi wedung, di wilayah Demak.

3. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Tombak

Salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang banyak digunakan pada masa lalu khususnya oleh para prajurit kerajaan adalah tombak. Bahkan sampai dengan saat ini senjata tombak ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai senjata keramat. Sebut saja salah satunya adalah senjata tombak kyai plered.


4. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Thulup

Thulup atau tulup merupakan senjata tradisional masyarakat Jawa Tengah. Namun tidak hanya di Jawa Tengah, beberapa daerah juga memiliki senjata yang digunakan dengan cara ditiup. Sebut saja di masyarakat Kalimantan maupun suku sasak di Lombok. Mereka menggunakan senjata sejenis dengan nama yang berbeda.

Fungsi utama dari senjata ini adalah untuk menyerang dari jarak jauh, seperti halnya busur dan anak panah.


5. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Condroso

Condroso merupakan salah satu senjata masyarakat Jawa termasuk Jawa Tengah. Namun senjata ini hanya digunakan oleh kaum wanita. Hal ini karena bentuk senjata condroso yang berbentuk tusuk konde yang biasanya diselipkan di rambut / konde.

Senjata rahasia kaum wanita ini cukup mematikan karena terbuat dari besi dengan ujung yang tajam sehingga bisa melukai orang yang tekenanya. Senjata ini biasanya tidak digunakan pada pertempuran terbuka, namun digunakan pada keadaan darurat saja, terutama untuk menjaga harkat dan martabat kaum wanita.


6. Senjata Tradisional Jawa Tengah - Plintheng

Senjata tradisional Jawa Tengah yang terakhir akan kita kenali adalah plinteng. Plintheng juga alat untuk berburu binatang. Pegangan plintheng terbuat dari kayu, sedangkan talinya menggunakan sejenis karet (pentil). Plintheng dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dengan nama ketepel/ katepel.

Demikian Sobat Tradisi, 6 senjata tradisional Jawa Tengah yang bisa kita ketahui bersama. Semoga artikel mengenai nama-nama senjata tradisional dari Jawa Tengah tadi bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya, tetap di www.tradisikita.my.id


Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Senjata Tradisional Jawa Tengah"

Posting Komentar