Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali

Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali | TradisiKita -   Bali memang sungguh kaya, salah satunya dibidang tari tradisional. Tari Bali sangat beragam dan hampir semuanya menjadi tari-tarian yang dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun dunia internasional.

Beberapa tari yang terkenal antara lain tari pendet, tari barong, tari kecak dan tari gabor yang saat ini akan kita kenal  lebih dalam. Tari Gabor merupakan tari tradisional yang berasal dari Pulau Dewata Bali yang pada awalnya ditujukan untuk upacara adat yang bersifat religius atau sakral.

Bagaimana sebenarnya tari gabor ini?mari kita simak bersama artikel mengenai tari gabor dari Pulau Dewata Bali dibawah ini.

Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali

Tari Gabor Bali | http://www.narwastu.org


1. Siapakah Pencipta Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali?

Tari Gabor memiliki banyak kesamaan dengan tari Pendet. Selain dari asal usulnya yang sama-sama merupakan tarian sakral  dalam sebuah upacara adat, tari bagor juga ditujukan sebagai tari pertunjukan dalam rangka penyambutan tamu.

Tari Gabor ini diciptakan oleh I Gusti Raka pada tahun1969. I Gusti Raka yang berasal dari Saba. Beliau merupakan seorang dosen ASTI Denpasar, sekarang dikenal dengannama ISI Denpasar. Tarian yang sejenis kemudian diubah oleh I Wayan Beratha guru SMKI Denpasar pada tahun 1970. Pada tahun 1972 I Wayan Beratha menciptakan tarian yang sejenis yang dinamakan tari Panyembrama.

 2. Asal Usul Tari Gabor Bali

Asal usul tari gabor dapat dikatakan memiliki kemiripan atau sejenis dengan Tari Pendet. Tapi tidak hanya asal usul,  jenis tari, tata rias dan properti yang dibawa pada saat menari pada tari gabor memiliki kemiripan dengan tari pendet. Yang berbeda dari kedua tari ini adalah, pembendaharaan atau variasi gerak dalam Tari Gabor lebih banyak diambil dari gerak-gerak tari upacara seperti Tari Rejang.

Tari Gabor pada awalnya ditujukan untuk acara religius atau kegiatan sakral. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapaTari Gabor dikatakan sejenis Tari Pendet. Karena dulunya Tari Pendet juga merupakan salah satu tari sakral pada awalnya, yaitu menggambarkan penyambutan atas turunnya dewa-dewi.
Kemudian pada tahun 1969, I Gusti Raka menciptakan tari gabor yang awalnya sebagai tari sakral, menjadi sebuah pertunjukan tari yang menghibur dan ditujukan untuk menyambut tamu.

3. Fungsi dan Makna Tari Gabor Bali


Pada awalnya tari Gabor berfungsi sebagai tarian sakral yang dilakukan pada upacara adat di Bali. Namun pada saat ini, tari Gabor juga berfungsi sebagai tarian penyambut tamu. Hal ini bermakna bahwa masyarakat Bali selalu menghormati tamu-tamu yang datang ke Pulau Dewata.

Menurut penggolongan jenis tari, Tari Gabor termasuk ke dalam jenis tari kreasi modern.Selain itu, Tari Gabor juga dapat digolongkan ke dalam jenis tari pertunjukan jika ditinjau dari fungsinya.

4. Pertunjukan Tari Gabor Bali


Seperti halnya tari Pendet, Tarian Gabor merupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok remaja putri atau sekelompok wanita. Masing-masing penari membawa bokor yang penuh berisi bunga sebagai properti. Pada akhir pertunjukan para penari menaburkan bunga-bunga tersebut kepada penonton.

Adapun gerakan tari Gabor ini lebih  banyak mengambil gerakan tari Rejang

5. Kostum Penari Gabor


Para penari Gabor, menggunakan baju adat Bali yang khusus digunakan untuk menari. Mengingat Tari Gabor termasuk salah satu tari penyambutan, busana tari yang pada umumnya digunakan adalah warna yang cerah dengan pola lantai yang disesuaikan dengan kreasi masing-masing pelatih atau kesepakatan dari para penarinya sehingga terlihat rapi dan indah.

6. Musik Pengiring Tari Gabor Bali


Musik Pengiring tari Gabor adalah seperangkat alat musik tradisional Bali yang kita kenal dengan gamelan Bali 

7. Video Tari Gabor


Berikut ini adalah video tari Gabor Bali :



Demikian Sobat tradisi, penjelasan mengenai tari Gabor Bali. Semoga bermanfaat.  
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Gabor dari Pulau Dewata Bali"

Posting Komentar