Pakaian Adat Indonesia Bagian 4

Pakaian Adat Indonesia Bagian 4 | TradisiKita - Pada kesempatan ini kita akan mengenal beragam pakaian adat Indonesia yang terdapat di Pulau Kalimantan. Seperti yang kita tahu bahwa Pulau Kalimantan yang masuk ke wilayah Indonesia terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Penduduk asli Kalimantan adalah suku dayak yang terdiri dari berbagai sub suku. Masing-masing sub suku tersebut memiliki beragam adat dan budaya, tidak terkecuali kekhasan baju adat nya. Dan berikut gambaran singkat mengenai baju adat Indonesia yang ada di Wilayah Pulau Kalimantan.

Pakaian Adat Kalimantan


Pakaian adat Kalimantan yang merupakan salah satu bentuk nyata peradaban dan kebudayaan suku Dayak di Kalimantan ini cukup beragam, yaitu :

1. Pakaian Adat Kalimantan Barat


Suku dayak yang ada di Kalimantan Barat memiliki sebutan yang unik yaitu King Baba dan King Bibinge. King dalam bahasa setempat berarti baju, sedangkan Baba artinya laki-laki dan Bibinge berarti perempuan.

Uniknya, baju adat Kalimantan Barat ini dibuat dari kulit kayu ampuro yang dipukul-pukul menggunakan palu bulat didalam air, hingga tersisa serat-seratnya saja.
Sesudah lentur, kulit tersebut kemudian dijemur dan dihias dengan lukisan-lukisan etnik khas Dayak menggunakan bahan pewarna alami. Olahan kulit kayu tadi dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai pakaian yang bisa digunakan oleh laki-laki dan perempuan dari suku dayak di Kalimantan Barat.


Untuk Sobat yang ingin mengenal baju adat Kalimantan Barat, bisa membaca artikelnya dari tautan ini.

2. Baju Adat Kalimantan Selatan


Beda di Kalimantan Barat, beda juga baju adat Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Selatan kita bisa menemui 4 baju adat yang disebut dengan bagajah gamuling baular lulut , baamar galung pancaranan matahari , babaju kun galung pacinan dan babaju kubaya panjang. Setiap jenis baju adat Kalimantan Selatan tadi memiliki fungsi tersendiri sehingga dipakai pada acara adat tertentu.


Untuk Sobat yang penasaran seperti apa ke 4 baju adat tadi, silahkan baca artikelnya disini.

3. Baju Adat Kalimantan Tengah

Suku dayak ngaju yang berada di Kalimantan Tengah merupakan sub etnis terbesar dari suku dayak yang ada khususnya di Provinsi yang beribukota di Kota Palangkaraya.

Adapun baju adat Kalimantan Tengah yang merupakan baju suku adat dayak ngaju terdiri dari beberapa jenis. Namun pada saat ini baju adat ini sudah jarang dan sulit ditemukan karena kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan baju modern saat ini.

Namun demikian kita masih bisa mengetahui berbagai baju adat Kalimantan Tengah tersebut dari beberapa sumber yaitu baju sangkarut, upak nyamu, baju pawang, baju tenunan, anyaman tikar dan baju berantai.

Seperti apa baju adat Kalimantan Tengah tadi? simak pada artikel ini.

4. Baju Adat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Makanya tidak heran jika banyak adat istiadar, atau tradisi yang hampir sama. Tidak terkecuali pada pakaian adatnya. Kalimantan Timur ataupun Kalimantan Utara yang penduduk aslinya adalah suku dayak, memiliki beberapa macam baju adat.

Diantara baju adat di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur ini antara lain baju ta'a, sapei sapaq dan bulang kuurung. Nah seperti apa baju tersebut? Silahkan Sobat kunjungi halaman ini dan itu


Demikian Sobat Tradisi, rangkuman beberapa baju adat dari Kalimantan yang menjadi rangkaian artikel mengenai pakaian adat Indonesia. Untuk Sobat tradisi yang ingin mengenal pakaian adat lainnya di Indonesia, dapat mengunjungi artikel baju adat, dari link dibawah ini :



Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5


Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakaian Adat Indonesia Bagian 4"

Posting Komentar