34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3

34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3 | TradisiKita - Indonesia memang memiliki beragam kekayaan yang luar biasa. Dari mulai kekayaan alam hingga kekayaan adat dan budayanya. Salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia yang terdiri dari 34 Provinsi di Indonesia adalah baju adatnya. Baju adat atau pakaian adat Indonesia ini memiliki nilai-nilai yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal beragam pakaian adat dari pulau Sumatera dan Jawa. Dan pada artikel 34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3 ini, kita akan mengenal beragam pakaian adat Indonesia khususnya dari Kepulauan Nusa Tenggara, Bali dan Papua.

17. Pakaian Adat Bali


Kemegahan, keagungan adalah salah satu kesan dari berbagai baju adat khas Bali. Sebut saya payas agung, payas jangkep, payas madya dan payas alit adalah nama-nama jenis pakaian adat yang digunakan masyarakat Bali pada acara-acara tertentu. Acara dimaksud misalnya pada saat pesta pernikahan, sepasang pengantin Bali menggunakan payas agung. Pada saat upacara adat, masyarakat jangkep sedangkan dalam kehidupan sehari-hari digunakan pakaian payas madya dan alit.
 Untuk mengenal lebih jauh mengenai pakaian adat Bali ini silahkan Sobat kunjungi halaman ini dan simak juga galeri foto baju adat Bali tersebut.

18. Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat (NTB)


Selain memiliki keragaman kain tenun khas NTB, ternyata provinsi ini juga kaya akan baju adat nya. Bisa dikatakan hampir setiap suku adat yang mendiami satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki baju adat yang berbeda pula.

Contohnya suku Sasak yang memiliki baju adat lambung dan baju adat pegon. Sedangkan suku adat Bima juga memiliki baju adat Rimpu cala dan Tembe me'e. seperti apa keunikan baju adat tersebut? Silahkan kunjungi halaman ini.


19. Baju Adat Nusa Tenggara Timur (NTT)


Tidak berbeda dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat/NTB, demikian pula dengan keragaman baju adat yang kita temui pada berbagai suku-suku yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Suku Rote, Suku Sabu, Suku Helong, dan Suku Dawan di NTB memiliki sebutan dan ragam pakaian adat sendiri. Penasaran? Silahkan kunjungi halaman ini.


20. Baju Adat Papua dan Papua Barat


Papua dan Papua Barat yaitu Provinsi yang terletak paling timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Provinsi Papua dan Papua barat memiliki baju adat yang juga cukup unik. Baju adat tersebut dibuat dari bahan alami yang diolah dengan cara yang sangat sederhana dan tradisional hingga menghasilkan baju adat ciri khas masyarakat Papua dan Papua Barat.


Ada yang unik dari pakaian adat Papua dan Papua Barat ini, yaitu dengan melihat gaya pakaiannya kita bisa membedakan seorang wanita apakah masih gadis atau sudah menikah. Nah.. penasaran? Silahkan kunjungi halaman ini.

Bagaimana Sobat, masih ingin tahu berbagai pakaian adat Indonesia? Jangan lupa kunjungi pula berbagai baju adat Indonesia tadi di TradisiKita. Sobat bisa mencoba membuka Bagian ke 1 dan Kedua dari link dibawah ini.


Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5


Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 3"

Posting Komentar