34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 2

34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 2 | TradisiKita - Pada Bagian Pertama kita sudah mengenal berbagai pakaian tradisional Indonesia atau baju adat dari 10 Provinsi di Pulau Suamtera. Kali ini kita akan merangkum kembali baju adat Indonesia khsusunya yang ada di Pulau Jawa.

11. Baju Adat dari Provinsi DKI Jakarta


Betawi adalah merupakan suku adat yang tinggal di Ibukota Negara Indonesia. Dari suku Betawi ini terlahir pakaian adat yang menjadi ciri khas Provinsi Jakarta.

Baju Koko dan Kebaya menjadi hal yang biasa dikenakan oleh masyarakat Betawi yang digunakan sehari-hari. Namun pada acara yang lebih resmi, masyarakat Jakarta sudah memiliki setelan tersendiri. Silahkan kunjungi link ini untuk mengenal lebih jauh tentang pakaian adat Betawi di DKI Jakarta.


12. Baju Adat dari Provinsi Banten

Banten memiliki pakaian khas yang hanya digunakan oleh suku Baduy, baik itu Baduy Dalam maupun Baduy Luar. Namun tidak sedikit pula masyarakat Banten yang masih mempertahankan penggunaan Baju Tradisional seperti Pangsi untuk laki-laki ataupun Kebaya yang digunakan oleh kaum wanita.


Disamping baju adat yang digunakan sehari-hari, masyarakat Banten memiliki pakaian adat yang digunakan oleh pengantin seperti pada contoh gambar diatas. Untuk Sobat yang ingin mengenal baju adat Banten ini bisa mengunjungi halaman ini.

13. Baju Adat Jawa Barat


Suku Sunda yang tinggal di Provinsi Jawa Barat juga memiliki baju tradisi yang menjadi identitas dan ciri khas masyarakat Jawa Barat. Bisa dibilang masyarakat Sunda memiliki baju adat yang sederhana, namun Jawa Barat juga menjadi sentra pengembangan dan penghasil produk pakaian modern.


Untuk mengenal beragam pakaian adat dari Provinsi Jawa Barat, silahkan Sobat kunjungi link ini.

14. Baju Adat Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki pakaian adat resmi yang digunakan oleh pegawai negeri sipil sebagaimana gambar dibawah ini :


Baju resmi tersebut terdiri dari beberapa macam, mulai dari beskap dan surjan yang dipakai oleh pria dan kebaya yang digunakan oleh wanita. Namun tidak terbatas oleh baju resminya saja, berbagai baju adat juga digunakan oleh pengantin Jawa Tengah yang menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa Tengah. Selengkapnya dapat dibaca didalam link ini.

15. Baju Adat Yogyakarta

Dalam lingkungan keraton ngayogyakarto dikenal berbagai pakaian adat baik untuk pria maupun wanita. Selain itu juga pakaian / baju adat Yogyakarta khususnya dilingkungan keraton tersebut dapat dibedakan berdasarkan kedudukan orang yang memakainya dalam pemerintahan keraton, sehingga dikenalah pakaian untuk abdi dalem (pegawai keraton) dan baju adat untuk pejabat yang memerintah di pemerintahan Provinsi DIY.



Untuk mengenal berbagai pakaian adat Yogyakarta, Sobat dapat mengunjungi link ini.

16. Baju Adat Jawa Timur


Di Jawa Timur dikenal baju adat yang sudah familier dikenakan oleh abang sate Madura. Tahukah sobat apa nama baju Jawa Timur yang khas dengan kaos bergaris merah dan putih tersebut? Yap, baju adat tersebut dikenal dengan nama baju Pesa'an.


Untuk mengetahui lebih banyak mengenai baju Jawa Timur, silahkan kunjungi halaman ini.

Demikian Sobat Tradisi, rangkuman mengenai baju adat Indonesia yang ada di Pulau Jawa yang telah terangkum dalam bagian 2. Untuk yang ingin tahu pakaian adat Indonesia lainnya, silahkan kunjungi bagian lain dari link dibawah ini.

Bagian 1 | Bagian 2 | Bagian 3 | Bagian 4 | Bagian 5

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "34 Pakaian Adat Indonesia Bagian 2"

Posting Komentar