Rumah Adat Aceh

Rumah Adat Aceh | TradisiKita - Aceh memiliki beragam keunikan yang bisa dilihat salah satunya dari bentuk rumah adatnya. Rumah adat Aceh dalam bahasa Aceh disebut dengan Rumoh Aceh. Lalu Seperti apa bentuk dari rumah aceh ini?

Pada artikel kali ini kita akan menemukan jawaban mengenai rumah adat Aceh. Berikut penjelasan serta contoh gambar dari Rumah Adat Aceh yang merupakan salah satu kecintaan kita pada Budaya Indonesia, khsusunya Provinsi Aceh.

Rumah Adat Aceh


Rumoh Aceh atau Rumah Aceh pada umumnya merupakan rumah / rumoh panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur). Didalam masyarakat Aceh, Rumah Adat Aceh disebut dengan Ruah Krong Bade.

3 Bagian Rumah Adat Aceh

a. Seuramoë keuë (serambi depan rumah adat Aceh)


Ruang atau Serambi depan didalam Rumah Adat Aceh berfungsi sebagai ruang santai. Ruangan ini bisa dipakai untuk beristirahat bagi anggota keluarga dan juga bagi kegiatan yang sifatnya santai seperti anak-anak belajar. Ruang depan tidak memiliki kamar dimana selain digunakan sebagai ruang santai, juga untuk menerima tamu.

b. Seuramoë teungoh (serambi tengah rumah adat Aceh)


Ruang tengah atau biasa disebut sebagai seuramoe teungoh adalah ruangan inti dari Rumah Adat Aceh (Krong Bade) dan karena itu, ruangan ini juga dikenal sebagai rumah inong.

Berbeda dengan ruang depan, ruang tengah memiliki beberapa kamar di sisi kiri dan sisi kanan. Ruang tengah mempunyai letak lebih tinggi daripada ruang depan. Ruang tengah tidak boleh dimasuki oleh tamu karena ruangan ini hanya khusus untuk anggota keluarga. Anggota keluarga pun tidak semua bisa masuk ke ruang tengah. Umumnya, ruang tengah ini dipakai sebagai ruang tidur kepala keluarga. Pada acara-acara khusus keluarga seperti pernikahan, ruang tengah dipakai sebagai ruang tidur pengantin. Ruang tengah juga dipakai pada acara kematian sebagai ruang pemandian mayat.

b. Seuramoë likôt (serambi belakang rumah adat Aceh)

Ruang belakang atau yang biasa disebut sebagai seuramoë likôt  adalah ruang santai untuk keluarga. Ruangan ini letaknya lebih rendah daripada ruang tengah dan berfungsi sebagai dapur serta tempat keluarga bercengkramah. Ruang belakang sama seperti ruang depan yang tidak memiliki kamar. Namun adakalanya rumah adat Aceh memiliki ruamoh dapur terpisah.

rumah adat aceh
Rumah Adat Aceh

Bahan Bangunan Rumah Adat Aceh

Rumah adat Aceh dibuat dari bahan-bahan bangunan yang tersedia dari alam Aceh yang cukup subur. Adapun bahan-bahan utama antara lain kayu sebagai tiang-tiang rumah adat Aceh. Kemudian papan kayu yang digunakan sebagai dinding. Bambu dan enau serta tali-tali yang juga biasanya terbuat dari bahan alami.

Makna Rumah Adat Aceh


Makna rumah Adat Aceh bagi masyarakat adalah sebagai identitas Aceh. Penggunaan bahan-bahan rumah yang terbuat dari bahan tradisional menunjukan bahwa masyarakat Aceh adalah masyarakat yang dekat dengan alam, dapat menyatu dan merawat alam sekitarnya.

Demikian Sobat tradisi, informasi seputar Rumah Adat Aceh yang bisa kita ketahui bersama. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Adat Aceh"

Posting Komentar