34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua

34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua | TradisiKita - Indonesia memanglah negara yang sangat kaya, mulai dari kekayaan alam hingga kekayaan budaya. Salah satu kekayaan yang bernilai budaya adalah Pakaian Adat nya.

Pada artikel kali ini, TradisiKita akan mengupas secara singkat daftar 34 Pakaian Adat Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. berbagai pakaian adat ini akan kami bahas pula dengan lebih detil pada artikel yang berbeda.

Daftar 34 Pakaian Adat Indonesia kali ini akan kami bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan Pulau besar di Indonesia. Pada uraian singkat mengenai 34 pakaian adat Indonesia ini akan kami lengkapi dengan daftar nama pakaian adat, penjelasan singkat serta gambar pakaian adat Indonesia dimaksud.

34 Pakaian Adat Indonesia

Pakaian Adat Indonesia
Pakaian Adat Indonesia

1. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Aceh


Baju Adat Aceh merupakan identitas masyarakat Nangroe Aceh Darussalam yang dijuluki pula dengan Serambi Mekah. Pakaian tradisional Aceh biasa disebut Ulee Balang. Pakaian tersebut biasanya digunakan oleh para raja dan keluarganya. Ulèëbalang sendiri merupakan bahasa Melayu: hulubalang adalah golongan bangsawan dalam masyarakat Aceh yang memimpin sebuah kenegerian atau nanggroë, yaitu wilayah setingkat kabupaten dalam struktur pemerintahan Indonesia sekarang. Ulee balang digelari dengan gelar Teuku untuk laki-laki atau Cut untuk perempuan.


Untuk mengetahui lebih jauh mengenai baju adat Aceh, Sobat bisa mengunjungi link ini.

2. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Sumatera Utara

Kain Ulos merupakain kain tradisional yang menjadi ciri khas Sumatera Utara. Dari kain Ulos inilah berbagai macam dan jenis baju adat Sumatera Utara dibuat. Tahukah Sobat bahwa setiap suku di Sumatera Utara hampir semua memiliki baju adat khasnya? Untuk mengetahui berbagai baju adat Sumatera Utara ini, Sobat bisa mengunjungi halaman 10 baju adat Sumatera Utara 

3. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat

Pakaian Penghulu adalah baju adat bagi kaum laki-laki di Sumatera Barat. Sementara itu para wanita Sumatera Barat menggunakan baju tradisional yang dinamakan Limpapeh Rumah Nan Gadang. Hmmm mengapa namanya begitu panjang ya? Penasaran ingin mengetahui penjelasan mengenai pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat. Silahkan Sobat kunjungi link ini.

4. Pakaian Adat Indonesia dari Provinsi Riau

Baju adat Riau identik dengan baju adat melayu karena memang masyarakat Riau yang merupakan suku adat Melayu seperti kebanyakan masyarakat provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Adapun pakaian yang dikenal di Provinsi Riau ini antara lain Baju Monyet, Baju Cekak Musang, Teluk Belangan dan Kebaya Laboh. Untuk mengetahui baju adat Riau, Sobat bisa mengunjungi halaman 4 baju adat Provinsi Riau melalui tautan ini.


5. Pakaian Adat Kepulauan Riau

Seperti halnya Provinsi Riau, masyarakat Kepulauan Riau juga memiliki beragam baju tradisional khas dari Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan baju adat yang sudah menjadi identitas masyarakat ini berakulturasi dengan kebudayaan Cina yang sudah berbaur dengan adat istiadat melayu di Kepulauan Riau. Berikut beberapa baju adat Kepulauan Riau Baju cekak musang Baju kurung Baju kurung keke Baju gunting Cina Baju telepuk Baju teluk belanga (Baju pria). Untuk Sobat yang ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai 6 baju adat Kepulauan Riau, silahkan kunjungi halaman ini.




6. Pakaian Adat Jambi

Baju kurung tanggung bersulam emas merupakan pakaian adat untuk wanita di Provinsi Jambi. Selain itu untuk kaum pria dikenal baju kurung tanggung berlengan panjang. Kedua baju adat tersebut merupakan baju adat khas Jambi yang bernuansakan melayu. Selain itu masih terdapat beberapa baju yang lebih mewah lagi yang dikenakan oleh sepasang pengantin dari Jambi.

Untuk Sobat Tradisi yang ingin mengenal lebih jauh tentang Baju Adat Jambi, silahkan kunjungi Link berikut ini.

7. Pakaian Adat Sumatera Selatan

Pakaian adat Palembang disebut dengan Aesan Gede dan Aesan Paksangko. Sesuai dengan namanya, aesan gede atau Baju Besar adalah baju / pakaian adat Palembang yang menunjukan dan melambangkan kebesaran. Aesan Gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin. Berbeda dengan Aesan Gede yang melambangkan kebesaran, aesan paksangko melambangkan keagungan masyarakat Sumatera Selatan. Pakaian adat Sumatera Selatan yang satu ini juga hanya digunakan oleh pengantin.  Sobat yang ingin mengenal pakaian adat Palembang / Sumatera Selatan, dapat mengikuti link berikut.


8. Pakaian Adat Bengkulu

Baju adat bengkulu merupakan identitas masyarakat Bengkulu yang bernuansakan Melayu. Baju adat yang ada di Provinsi Bengkulu memiliki corak sulaman emas dengan mahkota emasnya. 


Masyarakat Bengkulu menyebut pakaian adat tersebut sebagai pakaian adat Melayu Bengkulu. Untuk Sobat yang ingin mengenal lebih jauh mengenai pakaian adat Bengkulu ini silahkan kunjungi link halaman ini.

9. Pakaian Adat Provinsi Bangka Belitung

Kain Cual adalah merupakan kain khas dari Bangka Belitung. Provinsi yang beribukota di Pangkal Pinang ini memiliki unsur kebudayaan Cina dan Arab. Hal ini dapat pula dilihat dari berbagai budaya yang berkembang disana, diantaranya baju adat. Baju adat Provinsi Bangka Belitung yang dibuat dari kain cual, memiliki bentuk yang khas yang disebut dengan Paksian


Untuk Sobat tradisi yang ingin mengenal lebih jauh pakaian adat Bangka Belitung ini, silahkan kunjungi halaman ini tetap di blog tradisikita.my.id

10. Pakaian Adat Provinsi Lampung


Kain Tapis merupakan kain yang sungguh sangat mewah dan elegan yang menjadi ciri khas pakaian adat di Provinsi Lampung. Masyarakat Lampung memiliki berbagai pakaian adat yang biasa digunakan sehari-hari maupun pada acara besar seperti pada pesta pernikahan.



Kedua mempelai yang menjadi raja dan ratu sehati didalam masyarakat Lampung menggunakan pakaian adat Lampung yang begitu cantik dan megah. Silahkan Sobat kunjungi halaman ini, untuk mengenal lebih banyak mengenai pakaian adat Lampung.

Demikian Sobat Tradisi, bagian pertama dari 34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh sampai Papua. Pada kesempatan ini kita baru saja mengenal berbagai pakaian adat Indonesia yang ada di Pulau Sumatra yang terdiri dari 10 Provinsi. Artikel ini akan kami update kedepan dengan bagian 2 yang mencakup berbagai pakaian adat di Pulau Jawa.


Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "34 Pakaian Adat Indonesia dari Aceh Sampai Papua"

Posting Komentar