Tari Balumpa Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa | TradisiKita - Tari Balumpa adalah Tarian tradisional dari Daerah Kabupaten Wakatobi yaitu daerah Binongko dan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Kali ini TradisiKita mengajak Sobat untuk mengenal lebih banyak tentang tarian Balumpa dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Tentu saja dengan mengenalkan tari Balumpa kepada masyarakat, merupakan salah satu kepedulian dan bentuk nyata dalam melestarikan berbagai  tari-tarian daerah Indonesia yang merupakan kekayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga : 

1. Tentang Tari Balumpa

Tarian Balumpa adalah tarian tradisional yang mencerminkan kegembiraan masyarakat nelayan wakatobi Binongko dan Buton dalam menghadapi ombak demi menafkahi keluarga. Tari Balumba biasanya dipertunjukan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan dari luar daerah.

2. Sejarah Tari Balumpa

Sejarah tari Balumpa ini belum kami temukan tercatat dalam beberapa media, namun tari Balumpa ini  berasal dari daerah Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tari Balumpa lahir dari kebiasaan masyarakat di Kepulauan Binongko dalam menyambut tamu dengan keramah tamahanannya. Tari ini diiringi oleh alat musik gambus dan gendang serta alunan pantun khas Binongko yang sukar untuk ditiru.

3. Fungsi dan Makna Tari Balumpa


Fungsi Tari Balumpa ini adalah merupakan tarian yang ditampilkan untuk menyambut tamu yang datang ke Kepulauan Binongko pada khususnya dan Kabupaten Wakatobi serta Provinsi Sulawesi Tenggara pada umumnya. Namun pada saat ini Tari Balumpa tidak hanya digunakan untuk menyambut tamu, tapijuga ditampilkan pada berbagai acara-acara besar di Wakatobi dengan tujuan untuk menghibur para wisatawan.

Adapun makna dari tarian Balumpa menggambarkan rasa gembira dan kelemah lembutan serta keramah tamahan masyarakat Wakatobi dalam menyambut tamu.

4. Pertunjukan Tari Balumpa


Tari Balumpa dilakukan oleh 6 hingga 8 orang penari, baik berpasangan antara penari laki-laki atau perempuan, atau semuanya penari perempuan. Gerakan tari Balumpa ini didominasi oleh gerakan tangan dan gerak tubuh serta juga gerak ayunan kaki dengan ekspresi yang gembira, sehingga tari ini terlihat indah dan ramah.

5. Musik Pengiring Tari Balumpa 

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa fungsi musik dalam sebuah tari dapat memberi irama, memberi gambaran suasana, mempertegas ekpresi gerak, serta memberi rangsangan kepada penari.

Baca Juga : Fungsi Musik Dalam Tari

Demikian pula dengan Tari Balumpa. Tarian dari Wakatobi ini menggunakan musik pengiring dan alunan pantun untuk mengirinya gerak para penari. Tari Balumpa menggunakan musik pengiring dari alat musik tradisional Sulawesi Tenggara berupa alunan musik gambus diiringi suara gendang.

Lagu yang mengiringi tarian Balumpa juga tidak sembarangan, lagu yang digunakan berupa pantun dalam bahasa Binongko.

6. Kostum Penari Balumpa


Penari Balumpa mengenakan pakaian khas berupa baju adat Sulawesi Tenggara. Para penari Balumpa biasanya menggunakan baju berlengan pendek dan kain panjang khas Sulawesi Tenggara. Adapun aksesoris yang digunakan penari berupa anting, kalung, gelang dan hiasan kepala yang khas, dan tidak lupa kain selendang yang digunakan untuk menari.


Tari Balumpa | gambar : http://www.wakatobitourism.com

7. Video Tari Balumpa


Sebagai gambaran mengenai keindahan dan keceriaan tari Balumpa yang berasal dari Kabupaten Wakatobi, berikut ini kami akan tampilkan video tari Balumpa yang telah diupload di situs youtube.com :


Demikian Sobat Sakuilmu, informasi mengenai Tari Balumpa yang berasal dari Sulawesi Tenggara semoga bermanfaat.

Referensi :
  1. https://tirto.id/sukar-ditiru-gerak-tari-dan-lantunan-pantun-punya-ciri-khas-bbXN
  2. http://www.wakatobitourism.com/id/tarian-tradisional-pulau-binongko/
  3. http://tempolagu.blogspot.co.id/2016/09/makna-pertunjukan-tari-balumpa-sulawesi.html
  4. https://www.youtube.com/watch?v=yKXLfUAIIOk
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Balumpa Sulawesi Tenggara"

Posting Komentar