Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu

Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu | TradisiKita - Tari Andun adalah tarian rakyat yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Biasanya tari andun dilakukan pada saat pesta perkawinan yang dilakukan oleh bujang dan gadis pada malam hari. Pada artikel kali ini, Sobat Sakuilmu diharapkan lebih mengenal seni tari yang berasal dari Bengkulu yang dikenal dengan sebutan TARI ANDUN.

1. Tentang Tari Andun

Tari Andun adalah termasuk tari rakyat khususnya tari pergaulan  muda mudi di Provinsi Bengkulu terutama daerah Bengkulu Selatan. Tari Andun dilakukan pada acara-acara adat seperti pesta rakyat selepas panen raya. Setelah proses panen telah selesai, masyarakat Bengkulu menyelenggarakan acara adat dalam rangka bersyukur atas hasil panen mereka. Dalam acara inilah para pemuda dan pemudi melakukan tari adun secara berpasangan.

Baca Juga : 5 Tari Daerah Bengkulu

2. Sejarah Tari Andun

Tidak ada catatan tertulis terhadap sejarah tari andun dari Bengkulu ini. Siapa pencipta tari andun ini, atau kapan tari andun pertama kali ditampilkan. Akan tetapi yang pasti, tari andun telah ada sejak dahulu dan dikenal oleh masyarakat Bengkulu, khususnya Bengkulu Selatan. 

Masyarakat Bengkulu Selatan telah mengenal tari andun sebagai tari tradisional masyarakat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang mereka dapatkan. Selain itu tarian tradisi Bengkulu Selatan ini juga merupakan ajang pencarian jodoh bagi bujang dan gadis Bengkulu.

Seiring dengan perjalanan waktu, tari andun dari Bengkulu Selatan ini makin dikenal luas dikalangan masyarakat Bengkulu. Tari rakyat Bengkulu ini tidak hanya ditampilkan pada acara panen raya saja, tapi juga pada acara adat lainnya seperti pada pesta pernikahan, penyambutan tamu dan acara-acara besar lainnya.

3. Fungsi dan Makna Tari Andun

Tari Andun sebagai tari rakyat Bengkulu memiliki fungsi sebagai tari pertunjukan untuk memeriahkan suatu acara. Adapun makna tari andun yang awalnya sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang didapat oleh rakyat Bengkulu, seiring perkembangan zaman, tari ini mulai bermakna sebagai tari pertunjukan yang menggambarkan jiwa sosial masyarakat Bengkulu yang menjungjung rasa kebersamaan.

4. Pertunjukan Tari Andun

Tari Andun sebagai tari rakyat Bengkulu ditampilkan pada saat upacara adat dan penyambutan tamu. Tari Adun dilakukan oleh pemuda dan pemudi secara berpasangan dengan jumlah pasangan disesuaikan dengan kebutuhan dan tempat yang tersedia. 

Adapun gerakan tari andun ini terbilang cukup sederhana, mengingat tarian ini adalah merupakan tari pergaulan sehingga diharapkan penari pemulapun dapat mengikuti tarian rakyat Bengkulu ini.

5. Musik Pengiring Tari Andun

Dalam pertunjukan tari Andun, para penari diiringi oleh iringan musik tradisional seperti gong, gendang dan musik kolintang khas Provinsi Bengkulu. Untuk irama yang dimainkan dalam mengiringi Tari Andun biasanya merupakan irama bertempo cepat. Alat musik pengiring tersebut dimainkan secara apik dan padu oleh kelompok pengiring, sehingga menghasilkan alunan musik yang khas.

6. Kostum Penari pada Tari Andun

Para penari pada tarian adat atau tari Andun ini menggunakan kostum yang disesuaikan dengan kebutuhan atau acara. Pada acara adat misalnya para penari menggunakan busana bebas namun tetap sopan. Sedangkan untuk acara pertunjukan tari, para penari adun menggunakan busana tradisional khas Bengkulu.

Sebagai pelengkap, busana adat pria Bengkulu pada penari adun pada bagian kepala dipakai detar yang terbuat dari kain songket emas atau bisa juga dari kain songket perak, kemudian memakai alas kaki beludru yang bercorak keemasan, juga memakai sebilah keris serta gelang emas yang di kenakan di tangan kanan. Adapun properti yang digunakan adalah wadah nasi yang terbuat dari bambu (tenggok) yang dicat warna sesuai tema kostum atau busana.

7. Perkembangan Tari Andun

Tari Andun masih terus dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang. Tari Andun masih sering ditampilkan di berbagai acara seperti pernikahan adat, penyambutan tamu penting, pesta rakyat dan acara adat lainnya.

Selain pada acara adat diatas, tari andun ini juga sering ditampilkan di berbagai acara budaya seperti pertunjukan seni, festival budaya, bahkan promosi pariwisata. Harapan kedepan,  tari Andun  tidak hanya dikenal oleh masyarakat Bengkulu saja, tarian ini juga akan dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di Indonesia.



 

8. Video Tari Andun



Berikut ini salah satu contoh video yang diunggah di situs youtube, Tari Andun desa Petai Kayu, Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.



Demikian Sobat sakuilmu, penjelasan mengenai tari andun, tari rakyat Bengkulu. Moga bermanfaat.

Sumber :
  • http://15sastrabunj.blogspot.co.id/2016/04/tari-andun-dan-falsafah-di-dalamnya.html
  • http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2015/11/02/tari-andun-lintang-enam-meriahkan-hut-provinsi/
  • https://www.youtube.com/watch?v=FpYewCAsRHw

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tari Andun, Tari Rakyat Bengkulu"

Posting Komentar