Nama Pakaian Adat Bengkulu dan Penjelesannya

Nama Pakaian Adat Bengkulu dan Penjelesannya | tradisikita.my.id - Bengkulu sebagai salah satu bagian Provinsi di Indonesia juga memiliki budaya berupa baju adat. Baju adat Bengkulu dipengaruhi oleh budaya Melayu. Namun karena sudah terakulturasi dengan alam di Bengkulu, maka pakaian adat Bengkulu ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan baju adat Melayu dari daerah lainnya. Pada kesempatan ini TradisiKita akan mengajak sobat untuk mengenal pakaian adat Bengkulu, gambar dan penjelasannya yang terdiri dari Pakaian Adat Bengkulu maupun Baju Pengantin adat Bengkulu. 

1. Pakaian Adat Bengkulu


Baju adat Bengkulu atau disebut dengan Pakaian Adat Melayu Bengkulu terdiri dari pakaian adat Bengkulu untuk pria dan pakaian adat Bengkulu untuk wanita sebagaimana gambar dibawah ini :

Pakaian Adat Melayu Bengkulu

Baju Adat Bengkulu

a. Pakaian Adat Pria Bengkulu

Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh kaum pria atau baju adat pria Bengkulu terdiri atas jas, sarung, celana panjang, alas kaki yang dilengkapi dengan tutup kepala dan sebuah keris. Jas yang digunakan dalam adat Bengkulu biasanya berwarna gelap seperti hitam atau biru tua dan berasal dari kain bermutu tinggi seperti wol atau sejenisnya. Demikian pula untuk celananya terbuat dari bahan dan warna yang sama.

a. Pakaian Adat Wanita Bengkulu

Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh kaum wanita berupa baju kurung berlengan panjang yang terbuat dari bahan beludru. Baju ini memiliki hiasan bertabur corak-corak serta sulaman emas berbentuk lempengan-lempengan bulat seperti uang logam. Bahan beludru yang digunakan untuk pembuatan baju kurung umumnya berwarna merah tua, biru tua, lembayung atau hitam. Pemakaian baju kurung dipadukan dengan sarung songket berhias benang emas atau perak yang terbuat dari bahan sutra.

2. Baju Pengantin Bengkulu 

Selain baju adat Melayu Bengkulu diatas, masih terdapat pakaian adat Bengkulu yang biasanya dikenakan oleh pengantin. Baju pengantin Bengkulu dibuat lebih mewah bagaikan raja dan ratu sehari dirangkai upacara adat pernikahan Bengkulu.

Baju Pengantin Bengkulu | gambar : http://pelaminan-bengkulu.blogspot.co.id/

a. Baju Pengantin Pria Bengkulu

Baju pengantin pria Bengkulu terdiri dari pakaian sejenis jas tertutup dari bahan beludru hitam, merah tua atau biru tua yang bertaburkan corak-corak sulaman atau lempeng-lempeng emas dan dipadukan dengan celana sebatas lutut serta kain songket yang dililitkan dibagian pinggang. Sebagai pelengkap busana dikenakankan pula perhiasan kalung bersusun serta mahkota dengan hiasan gunjai-gunjai, pemakaian alas kaki beludru dengan corak-corak keemasan, sebilah keris dan gelang emas di tangan kanan.

b. Baju Pengantin Wanita Bengkulu

 Baju pengantin wanita Bengkulu terbuat juga dari bahan Beludru hitam, merah tua atau biru tua serasi dengan baju pengantin pria Bengkulu. Selain itu terdapat kelengkapan lain berupa mahkota keemasan yang digunakan serta Perhiasan lain yang dikenakan berupa kalung bersusun, ikat pinggang, serta gelang emas pada kedua pergelangan tangan. Ditambahkan pula pemakaian alas kaki berupa selop bersulam emas.

Demikian Sobat Tradisi, penjelasan mengenai pakaian adat Bengkulu yang terdiri dari Pakaian Adat Melayu Bengkulu dan Baju pengantin Bengkulu. Sampai jumpa pada artikel mengenai baju adat daerah lainnya dari tradisikita.my.id
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Pakaian Adat Bengkulu dan Penjelesannya"

Posting Komentar