Rumah Panjang dari Kalimantan Barat - TradisiKita, Indonesia

Rumah Panjang dari Kalimantan Barat

loading...
Rumah Panjang dari Kalimantan Barat | tradisikita.my.id - Rumah Panjang adalah rumah adat Kalimantan Barat. Rumah Panjang merupakan ciri khas dan gambaran masyarakat dayak yang tinggal di Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini dikarenakan rumah panjang adalah gambaran sosial kehidupan masyarakat Dayak di Kalimantan Barat. Selain sebagai tempat bernaung keluarga, rumah panjang juga merupakan pusat kehidupan dari masyarakat Dayak. Saat ini, rumah panjang di Kalimantan Barat dapat dikatakan hampir punah karena jumlahnya yang sedikit. Pada tahun 1960, pemerintah menghancurkan beberapa rumah panjang karena dicurigai menganut paham komunis.

Rumah panjang di daerah Kalimantan Barat identik dengan rumah panjang yang ada di Kalimantan Tengah. Hal ini dikarenakan letak geografi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang sangat berdekatan. Keduanya sama-sama dikenal dengan nama Rumah Betang. Sedangkan disebut dengan rumah panjang dikarenakan ukuran rumah adat Kalimantan Barat ini yang panjang hingga mencapai 180 meter dan lebar bisa mencapai 6 meter bahkan lebih.

Rumah adat Panjang merupakan representasi dari kehidupan masyarakat Dayak yang hidup dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan dan hidup gotong royong. Tidak ada kesenjangan antara orang miskin dan orang kaya. Rumah Panjang merangkul semua orang untuk bersama-sama hidup dengan rukun. Masyarakat suku dayak mempunyai pandangan bahwa semua orang memiliki hak untuk hidup yang lebih baik. Maka dari itu keselarasan antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum menjadi hal yang penting diperhatikan. Lebih dari itu, Rumah Panjang adalah Pusat Kebudayaan masyarakat Dayak. Rumah panjang tempat bagi segala aktivitas masyarakat Dayak.
Rumah Panjang dari Kalimantan Barat
Rumah Panjang dari Kalimantan Barat

Ciri Khas Rumah Panjang Kalimantan Barat

Rumah Panjang yang merupakan rumah adat Kalimantan Barat memiliki ciri khas tersendiri. 
  • Rumah Panjang memiliki tinggi  5 sampai 8 meter. Ketinggian rumah panjang tergantung pada tinggi tiang yang menyangga rumah adat Kalimantan Barat tersebut.
  • Panjang rumah adat Kalimantan Barat ini bisa mencapai 150 sampai 180 meter
  • Lebar rumah panjang mencapai 6 meter
  • Karena panjangnya rumah adat Kalimantan Barat ini, maka rumah panjang bisa memiliki sekitar 50 ruangan. Ruangan-ruangan ini umumnya dihuni oleh banyak keluarga yang di dalamnya juga termasuk keluarga inti. Untuk masuk ke rumah panjang, keluarga mengunnakan tangka atau anak tangga.

Pembagian Ruangan Rumah Panjang Kalimantan Barat

Rumah adat Kalimantan Barat terbagi dalam beberapa bagian, yaitu: 
  1. Pante atau teras rumah. Pante terdapat di depan rumah panjang dengan atap yang menjorok ke luar. Keberadaan Pante pada rumah panjang dari Kalimantan Barat ini berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan upacara adat, tempat menjemur padi dan pakaian. 
  2. Samik atau ruang tamu. Didalam Samik yang ada pada rumah adat Kalimantan Barat terdapat satu pene, yaitu meja berbentuk lingkaran yang digunakan untuk meletakkan hidangan saat menerima tamu. 
  3. Ruang keluarga. Ruangan Keluarga pada rumah adat Kalimantan Barat berukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter. Ruang keluarga pada rumah panjang ini berbentuk persegi panjang dan terletah di bagian tengah rumah. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan bersama. 
  4. Kamar tidur. Kamar tidur pada rumah adat Kalimantan Barat terletak di sepanjang rumah secara berjejeran. Kamar tidur orang tua berada di ujung aliran sungai, kemudian berderet hingga yang paling ujung hilir sungai. Bagian paling ujung hilir sungai harus didiami oleh anak bungsu. 
  5. Bagian belakang rumah. Bagian belakang pada rumah panjang dari kalimantan Barat digunakan sebagai dapur dan tempat untuk menyimpan hasil panen dan alat-alat pertanian. Dapur harus menghadap ke aliran sungai. Hal ini dipercaya oleh masyarakat suku Dayak Kalimantan Barat akan mendatangkan rezeki. 

Fungsi Rumah Panjang dari Kalimantan Barat

Pada umumnya, rumah panjang yang merupakan rumah adat Kalimantan Barat digunakan untuk tempat tinggal beberapa keluarga. Akan tetapi, rumah panjang dari Kalimantan Barat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja, namun rumah adat Kalimantan Barat ini juga berfungsi sebagai berikut :
  1. Rumah panjang dari Kalimantan Barat dibangun tinggi karena berfungsi untuk menghindari serangan binatang buas. 
  2. Tingginya rumah panjang Kalimantan Barat juga berperan untuk menjaga keselamatan keluarga dari serangan suku-suku lain dalam masyarakat Dayak.
  3. Rumah panjang dari Kalimantan Barat seringkali digunakan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat seperti rapat atau pertemuan-pertemuan. 
  4. Selain pertemuan-pertemuan masyarakat, rumah panjang Kalimantan Barat juga dipakai untuk upacara-upacara adat atau ritus-ritus yang ada dalam masyarakat Dayak. 
 Dari penjelasan fungsi rumah panjang yang merupakan rumah adat Kalimantan Barat diatas, dapat dikatakan jika rumah panjang dari Kalimantan Barat bukan hanya milik pribadi atau keluarga saja, tetapi juga milik masyarakat Dayak yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian Sobat Ttradisi, perkenalan kita pada kearifan lokal berupa rumah panjang dari Kalimantan Barat. Sampai jumpa pada artikel lainnya tetap di www.tradisikita.my.id

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_panjang
loading...


author-pic Tentang Profile Penulis
Dede Mahmud adalah seorang blogger biasa yang menulis sebagai wahana menuangkan ide dan kreatifitas sekaligus sebagai sarana untuk menambah pendapatan melalui internet. Profile Dede Mahmud (KangDede) : Web Pribadi : Kangdede Twitter : @Kangdede, Facebook : dede.mahmud


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Panjang dari Kalimantan Barat"

Poskan Komentar