4 Baju Adat Bali Pria dan Wanita

4 Baju Adat Bali Pria dan Wanita | tradisikita.my.id - Bali adalah salah satu Provinsi dan nama pulau yang sangat terkenal di dunia. Keindahan alam serta keunikan adat dan budaya masyarakat Bali telah membuat Bali diumpamakan sebagai surga dunia. Salah satu yang tak luput dari pengamatan kita selain berbagai kesenian yang ada di Bali adalah Pakaian Adat Bali itu sendiri. Pada artikel kali ini, kita akan mengenal pakaian adat / baju adat Bali baik yang digunakan oleh pria maupun wanita.

Baju adat Bali Pria dan Wanita yang memiliki ciri khas dikenakan saat acara-acara tertentu. Misalnya pada saat melakukan ritual agama (sembahyang) atau kita juga bisa mengenal pakaian adat Bali pada saat pertunjukan tari Bali serta baju pengantin khas Bali yang tentu akan berbeda dengan baju yang dikenakan sehari-hari.

4 Baju adat Bali yang dikenal dan digunakan oleh pria dan wanita Bali pada upacara adat, pakaian pengantin dan baju sehari-hari dibedakan menjadi 4 macam, yaitu Busana atau disebut Payas  Agung (mewah), Payas Jangkep (lengkap),  Payas Madya (pertengahan) dan Payas Alit (sederhana).

1. Baju Adat Bali - Payas Agung

Baju adat Bali yang disebut dengan Payas Agung adalah baju adat lengkap dan mewah yang biasanya digunakan oleh Pengantin Bali. Pakaian adat busana Bali memiliki arti keindahan bagi sang pemakainya. Saat melakukan pernikahan digunakan pakaian Payas Agung dengan warna yang cerah dan menawan yang mencirikan kebahagian, kegembiraan bagi kedua calon mempelai.

Baju adat Bali yang digunakan pada saat pernikahan (Payas Agung) ini pun memiliki perbedaan antar daerah di Provinsi Bali. Dari perbedaan Payas Agung inilah kita akan mengenal asal pakaian adat tersebut. Misalnya saja Kayas Agung adat Medeeng Singaraja (Buleleng) akan berbeda dengan adat Asak Karangasem. Dan dari sekian banyak pakaian pengantin Bali tersebut, ada juga baju adat kayas agung yang telah dimodifikasi dengan tidak meninggalkan unsur-unsur dasar dari pakaian adat Bali

Adapun komposisi Kayas Agung ini antara lain seperti pada gambar dibawah ini :



Berikut ini  contoh gambar Payas Agung dan Payas Modifikasi :
Payas Agung

Payas Modifikasi

2. Baju Adat Bali - Payas Jangkep

Baju adat Bali yang disebut Payas Jangkep yaitu baju adat yang lengkap. Baju Bali Pria Jangkep / Lengkap, baju bali pria ini terdiri atas Destar, Kuaca (baju kemeja, lengan pendek, lengan panjang, jas), Kampuh + umpal, Wastra + lembaran, Sabuk, Alas kaki (optional), Keris (optional).

Sedangkan untuk busana (payas) jangkep yang digunakan wanita antara lain : Gelung biasa / sanggul (rambut ditata sesuai perhiasannya, baju / kebaya, sesenteng, Wastra, Sabuk / stagen, alas kaki (optional)

3. Baju Adat Bali - Payas Madya

Baju Bali Pria Madya (sedang), baju bali pria ini biasanya terdiri dari Baju, Kampuh + umpal, Kain panjang, Sabuk, Alas kaki (optional) atau bisa juga terdiri atas Destar, Selempot, Kain panjang, Sabuk, Alas kaki (optional)

Sedangkan untuk wanita, komposisi payas madya antara lain : 1. Baju / kebaya 2. Kain / wastra 3. Sesenteng 4. Sabuk / stagen 5. Alas kaki (optional)


4. Baju Adat Bali - Payas Alit

Baju Bali Pria Alit biasaya baju bali pria ini terdiri atas Baju (optional), Selempot, Wastra, Sabuk, Alas kaki (optional)

Sedangkan payas alit yang digunakan oleh wanita biasanya terdiri dari : Baju (tidak harus kebaya), Kain, Sesenteng, Sabuk / stagen, dan alas kaki (optional)

Bagi wanita kalau tidak memakai baju, harus memakai sesenteng. Anak- anak di bawah umur, tidak terikat dengan ketentuan di atas

Penggunaan 4 Baju adat Bali diatas antara lain :
  1. Payas gede/ agung : dipergunakan oleh manggala/ pangarep yang diupacarakan di dalam pelaksanaan upacara manusa yadnya yang dianggap utama, dan sebagai Yajamana pada upacara yang lain. 
  2. Busana jangkep/ lengkap : dipergunakan di dalam upacara yadnya dan di dalam hubungan hormat menghormati.
  3. Busana madya/ sedang dan busana alit/ sederhana: dipergunakan untuk/ di dalam suasana kesopanan dan kerja.
 Demikian sobat tradisi, artikel mengenai 4 Baju Adat Bali Pria dan Wanita, semoga bermanfaat.

Referensi Artikel dan Gambar :
1. http://rudhiasalon.com
2. Tata rias & busana pengantin seluruh Indonesia (PT. Gramedia Pustaka Utama)
3. http://lytatazmania.blogspot.co.id/
4. http://artikel-manfaatkhasiat.blogspot.co.id/2012/04/baju-bali-pria-payas-gede-agung.html
5. http://cokind25.blogspot.co.id/2015/11/fashion-adat-bali-pakaian-adat-bali.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Baju Adat Bali Pria dan Wanita"

Poskan Komentar