Baju adat Bangka Belitung

Baju adat Bangka Belitung | tradisikita.my.id - Tahukah Sobat, pakaian adat Bangka Belitung dibuat dari kain cual Bangka Belitung, yang merupakan kain kebanggaan masyarakat Bangka Belitung itu sendiri. Kain cual ini banyak juga yang menyebut sebagai kain beludru atau sejenis dengan kain songket Palembang, akan tetapi dengan corak yang khas Bangka belitung.

Pakaian adat Bangka Belitung memiliki perpaduan unsur kebudayaan cina dan arab, hal ini disebabkan banyaknya pengaruh dari pedagang-pedagang cina dan arab yang mengunjungi Muntok Bangka Belitung. Dan berikut ini adalah gambar pakaian adat sepasang pengantin yang ada di Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung :


Pakaian adat Bangka Belitung ini disebut dengan paksian. Untuk perempuan biasanya memakai baju kurung berwarna merah yang berbahan kain cual dan kepalanya memakai mahkota yang biasa disebut dengan nama Paksian.Sedangkan untuk laki-laki menggunakan sorban atau yang biasa disebut masyarakat Bangka Belitung sebagai Sungkon.

Pakaian adat Bangka Belitung ini masih banyak digunakan oleh pengantin di Provinsi Bangka Belitung. Demikian Sobat, sekilas informasi mengenai Baju Adat Bangka Belitung beserta penjelasan dan gambarnya, semoga bermanfaat bagi sobat tradisi semua..
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baju adat Bangka Belitung"

Posting Komentar