6 Alat Musik Tradisional Papua Barat

6 Alat Musik Tradisional Papua Barat | tradisikita.my.id - Papua Barat terletak di ujung barat pulau papua. Provinsi yang beribukota di Manokwari ini terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota, yaitu kabupaten Fakfak, Kaimana, Manokwari, Manokawari Selatan,Maybrat, Pegunungan Arfak, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrau, Teluk Bintuni, Teluk Wondana dan Kota Sorong.

Keindahan alam Papua Barat sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan didunia. Sebut saja di Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Keindahan alam Kepulauan Raja Ampat ini sudah sangat terkenal dan bisa Sobat lihat pada foto berikut :

Tapi artikel kali ini kita belum akan membahas keindahan Raja Ampat Sobat, sabar ya... suatu saat pasti tradisikita,my.id akan membahas tempat-tempat wisata yang indah di Indonesia. Kali ini kita akan membahas mengenai alat musik tradisional dari Provinsi Papua Barat.
Langsung saja Sobat, kita simak alat musik tradisional Papua Barat berikut ini :

1. Alat Musik Tradisional Papua Barat - Guoto

Alat musik tradisional dari Papua Barat yang dikenal dengan nama Guoto adalah merupakan alat musik petik yang terbuat dari kulit binatang lembu. Alat musik Guoto dibunyikan dengan cara dipetik pada senar/dawainya.

2. Alat Musik Tradisional Papua Barat - Triton


Tidak hanya di Provinsi Papua, di Papua Barat kita dapat menemui alat musik tradisional yang terbuat dari kerang, namanya adalah Triton. Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pantai, terutama di daerah Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Amat. Awalnya, alat ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil/ pemberi tanda. Selanjutnya, alat ini juga digunakan sebagai sarana hiburan dan alat musik tradisional


 

3. Alat Musik Tradisional Papua Barat - Yi

Sama seperti halnya triton, alat musik tradisional YI pada awalnya digunakan sebagai alat komunikasi yaitu berfungsi untuk memanggil penduduk. Namun seiring perkembangan, yi digunakan pula untuk mengiringi tarian daerah Papua. 

Alat musik tradisional yi, adalah alat musik tiup yang dibuat dari kayu dan bambu.

4. Alat Musik Tradisional Papua Barat - Tifa

Selain Triton, Tifa juga dapat ditemui di Provinsi Papua Barat. Selain di Pulau Papua, tifa juga ada di daerah Maluku. Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.



5. Alat Musik Tradisional Papua Barat -Pikon

Alat musik tradisional Pikon dari Papua Barat berukuran kecil, kurang lebih hanya sebesar genggaman orang dewasa. Bentuknya bulat lonjong dan terbuat dari sebilah bambu. Pada bagian tengah potongan bambu, terdapat seutas tali yang dipasang kencang dan terikat pada sepotong lidi penggetar. Hal ini dimaksudkan agar pada waktu lidi bagian pangkal ditarik, potongan penggetar akan bergetar dan akhirnya akan mengeluarkan suara.


6. Alat Musik Tradisional Papua Barat - Krombi


Alat musik ini terbuat dari bambu. Krombi merupakan salah 1 alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian pada pesta adat masyarakat Papua. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan menggunakan sebuah kayu kecil lalu diketuk-ketuk pada bambu tersebut

 

Demikian Sobat tradisi, 6 alat musik tradisional Papua Barat yang bisa kita ketahui saat ini. Semoga bermanfaat..

Sumber : 
https://id.wikipedia.org
http://budaya-indonesia.org




Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Alat Musik Tradisional Papua Barat"

Posting Komentar