Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar

Mengenal Lipaq SaqBe, Sarung Khas Mandar | tradisikita.my.id - Pada artikel kemarin kita sudah mengenal beberapa maca baju adat Sulawesi Barat, diantaranya yang dipergunakan sebagai kostum beberapa tarian hingga menengok kain ikat sekomandi yang eklusif dan menjadi motif kain ikat tertua didunia, serta langka karena semakin sedikit yang bisa membuat tenun ikat sekomandi tersebut.

Selain tenun ikat sekomandi yang merupakan tradisi suku Kalumpang di desa kondobulo dan karataun kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju, di Provinsi Sulawesi Barat juga kita akan megenal motif sarung Lipa Sa'Be

Setiap pakaian adat suku Mandar tidak lepas dari lipa saqbe. Disamping adalah foto contoh pakaian adat suku Mandar dengan menggunakan sarung khas mandar yaitu lipa saqbe (nama lipa saqbe yang digunakan adalah Sure' Padzadza).

Lipa Saqbe Mandar (Sarung Sutra Mandar) sepintas memiliki persamaan dengan kain sutra daerah lain, tapi di setiap jenis dan nama Lipa Saqbe Mandar memiliki ciri khas khusus yakni dari segi corak (sure' ataupun bunga) dan cara pembuatannya, yang membuatnya terkenal ke daerah sekitarnya (bugis dan makassar).

Posisi coraknya itu tidak sembarangan, karena penciptaan motif (sure' ataupun bunga) punya peruntukan masing-masing berdasarkan standar ekonomi, sosial budaya, agama, dan juga strata sosial seseorang.

Saat ini terdapat 2 jenis Lipa Sa'be bila ditinjau dari motifnya yaitu Sure dan Bunga. Perbedaannya, Sure' yaitu lipa sa'be yang merupakan motif asli dari sarung sutra mandar, ciri-cirinya tidak memiliki hiasan/bunga yang membuatnya mencolok. Sedangkan Bunga yaitu lipa sa'be yang memiliki motif dan hiasan berupa bunga ataupun lainnya, yang merupakan turunan dari sure agar lipa sa'be tampak lebih cantik.

Lipa Sa'be bermotif sure

Lipa Sa'be bermotif bunga
 Contoh-contoh Lipa Sa'be Mandar :

Demikian Sobat tradisi kekayaan dan keindahan Lipa Sa'be, Sarung Khas Mandar Sulawesi Barat. Sampai berjumpa pada artikel tentang pakaian adat selanjutnya.

Sumber : http://kampung-mandar.web.id/artikel/lipa-saqbe.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar"

Poskan Komentar