Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Alat Musik Kalimantan Utara | tradisikita.my.id -  Utaradiresmikan menjadi sebuah provinsi pada rapat paripurna DPR tanggal 25 Oktober 2012, berdasarkan UU no 20 tahun 2012. Provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Bagian Sabah dan Serawak. Seperti halnya provinsi lainnya di Kalimantan, kali ini kita akan mengenal beberapa alat musik tradisional dari Kalimantan Utara.

Beberapa alat musik dari Kalimantan Utara ini kemungkinan besar akan sama dengan alat-alat musik tradisional lainnya dari Provinsi lain di Pulau Kalimantan, selain karena memang dalam 1 pulau, kesamaan suku (suku dayak) yang membuat banyak kebudayaan di Kalimantan Utara yang sama dengan kebudayaan di provinsi lainnya di pulau Kalimantan. Demikian juga dengan alat musik tradisional.

Baca juga :


Berikut ini beberapa alat musik tradisional Kalimantan Utara :

1.  Alat musik tradisional Kalimantan Utara - Babun

Babun merupakan salah satu alat musik tradisional Kalimantan, yaitu termasuk Provinsi Kalimantan Utara. Babun adalah alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya. Sisi kanan dan kiri ditutup dengan kulit binatang dan dibunyikan dengan cara dipukul. Babun merupakan sejenis alat musik gendang di daerah Jawa.

Alat Musik Babun

2.  Alat musik tradisional Kalimantan Utara - Gambang

Gambang merupakan salah satu alat musik tradisional yang juga terdapat di Provinsi Kalimantan Tengah. Alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul ini berbentuk seperti perahu dengan beberapa bilah bambu yang ada diatasnya. Alat musik gambang ini juga dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

3.  Alat musik tradisional Kalimantan Utara - Rebab

Rebab merupakan alat musik gesek yang bisa ditemui di Provinsi Kalimantan Utara.  Rebab (Arab الربابة atau ربابة - "busur (instrumen)"), juga rebap, rabab, rebeb, rababah, atau al-rababa) adalah jenis alat musik senar yang dinamakan demikian paling lambat dari abad ke-8 dan menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam yang lebih banyak dari Afrika Utara, Timur Tengah, bagian dari Eropa, dan Timur Jauh. Beberapa varietas sering memiliki tangkai di bagian bawah agar rebab dapat bertumpu di tanah, dan dengan demikian disebut rebab tangkai di daerah tertentu, namun terdapat versi yang dipetik seperti kabuli rebab (kadang-kadang disebut sebagai robab atau rubab).


Demikian Sobat tradisi, 3 buah alat musik tradisional dari Kalimantan Utara yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Sampai jumpa pada artikel lainnya.
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara"

Posting Komentar