5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan

5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan | tradisikita - Kalimatan Selatan adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan, dengan ibukota Banjarmasin. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa sobat kunjungi di Kalimantan Selatan, salah satun tempat tersebut adalah museum Lambung Mangkurat yang terletak di kota Banjarbaru. Banyak benda-benda sejarah didalam museum ini, mulai dari benda dan patung peninggalan zaman hindu, mata uang kuno hingga berbagai peralatan yang digunakan oleh masyarakat Banjar untuk melawan penjajah Belanda. 

Pada artikel kali ini, kita akan mengenal berbagai peralatn / senjata tradisional yang berasal dari Kalimata Selatan. Perkakas atau senjata tradisional ini digunaka oleh masyarakat Kalimantan Selatan untuk mempertahankan diri dari gangguan musuh atau binatang buas dan juga sebagai peralatan pertanian maupun berburu. 

Berikut daftar 5 senjata tradisional Kalimatan Selatan yang bisa Sobat ketahui :

1. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Sungga


Sungga merupakan salah satu senjata yang digunakan oleh masyarakat pada Perang Banjar di daerah Benteng Gunung Madang, Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Senjata ini dipasang di bawah jembatan yang dibuat sebagai jebakan, sehingga apabila dilalui oleh musuh (tentara Belanda), maka jembatan tersebut akan runtuh dan musuh yang jatuh tertancap pada sungga tersebut.


2. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Mandau


Mandau adalah senjata tradisional suku dayak yang ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Selatan. Untuk mengetahui lebih detil mengenai senjat mandau ini, Sobat tradisi bisa mengunjungi halaman : Mandau, Senjata Tradisional Kalimantan Utara.


3. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Sarapang

Sarapang secara umum merupakan senjata trisula atau tombak bermata tiga. Namun di Kalimantan Selatan Sarapang berbentuk tombak dengan mata tombak 5 buah yaitu 4 buah disisi dan 1 buah dipusat / ditengah.

Sarapang biasanya digunakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan untuk berburu atau menangkap ikan-ikan besar.



4. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Keris Banjar

Keris adalah merupakan senjata tradisional khas yang dibuat dari besi dan campuran logam. Panjang senjata keris ini sekitar 30 cm. Keris ini merupakan senjata yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia pada waktu lampau. Namun ukiran dan lekukan keris biasanya membedakan dari daerah mana keris tersebut berasal. Seperti halnya provinsi Kalimantan Selatan memiliki keris khas yang disebut dengan keris banjar .




5. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Parang

Parang juga merupakan senjata yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Parang merupakan senjata tradisional yang dibuat dari besi dengan bentuk pipih dan salah satu bilah sisinya tajam. Biasanya gagang parang yang berfungsi sebagai pegangan pengguna dibuat dari kayu.

Dalam kehidupan masyarakat Kalimatan Selatan, parang biasanya digunakan sebagai senjata dan alat rumah tangga sehari-hari, sebagai senjata berburu atau alat pertanian.

Demikian Sobat tradisi, 5 senjata tradisional Kalimantan selatan yang bisa kita kenal. Semoga bermanfaat...

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan"

Posting Komentar