3 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung

3 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung | tradisikita.my.id - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan salah satu provinsi dengan penduduk rumpun melayu, tentu saja memiliki adat kebudayaan yang kental dengan kebudayaan melayu. Demikian pula dengan instrumen atau alat - alat musik tradisional.

Alat musik tradisional yang dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung antara lain :

1. Alat Musik Tradisional Bangka Belitung - Dambus


Dambus merupakan kesenian khas masyarakat Bangka Belitung yang menggunakan alat musik dan lagu-lagu khas dambus sendiri. Alat musik dambus merupakan alat musik tradisional khas Bangka Belitung yang memiliki bentuk mirip dengan gitar. Alat musik ini terdiri dari kepala yang berbentuk kepala rusa, senar dan juga badan dambusnya. Sesungguhnya alat musik dambus sudah ada sejak zaman dahulu kala dalam adat melayu, namun seiring berjalannya waktu, Bangka Belitung memiliki ciri khas tersendiri untuk alat musik dambusnya. Lantunan nada yang dihasilkan dari petikan senarnya begitu pas dengan irama musik melayu

Sedangkan lagu-lagu dambus diciptakan oleh masyarakat pribumi / asli kepulauan Bangka Belitung. Lirik lagunya menggunakan bahasa pengantar yakni bahasa melayu dengan menceritakan dan menggambarkan adat melayu pula – mengandung norma-norma adat dan nilai keagamaan. Lagu ini diiringi oleh musik dambus yang berasal dari lantunan nada alat musiknya.


2. Alat Musik Tradisional Bangka Belitung -Rebana


Rebana adalah salat satu alat musik tradisional yang juga dapat ditemukan dan dimainkan oleh masyarakat Bangka Belitung. Sebagai salah satu alat musik tradisional melayu, rebana juga bisa ditemukan di provinsi lainnya di Indonesia, walaupun dengan nama yang berbeda. Seperti di Provinsi Riau, rebana disebut juga dengan Kompang. Demikian pula rebana dapat ditemukan di Provinsi Palembang, baca : Alat musik tradisional dari Provinsi Palembang.

Alat musik rebana merupakan alat musik tradisional yang berbentuk bulat dan dibunyikan dengan cara dipukul. Rebana ini sering digunakan untuk mengiringi musik dambus, atau dipertunjukan secara mandiri pada acara-acara tertentu seperti pada acara festival seni daerah, qasidah pengajian-pengajian, ataupun untuk menyambut tamu istimewa dengan iring-iringan tertentu.


3. Alat Musik Tradisional Bangka Belitung - Gambangan

Gambangan adalah merupakan alat musik tradisional menyerupai alat musik marimba atau gamelan di Jawa dan Bali. Namun alat musik tradisional asli Belitung ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. 

Alat musik gambangan ini terbuat dari bahan kayu lempung atau kayu yang ringan seperti meranti, medang, libut, dan sengkrubong. Penggunaan jenis kayu tersebut kata Repiah sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh Gambangan. Kayu nomor satu yang dianggap paling bagus adalah kayu cengal dan kayu berubok. Akan tetapi saat ini jenis kayu tersebut sudah sangat langka.

Alat musik gambangan terdiri dari 7 atau 5 potong kayu yang disusun berderet dengan masing-masing kayu akan menghasilkan nada yang beberda. Alat musik gambangan asli Bangka Belitung ini dimainkan dengan cara dipukul

 
Demikian Sobat tradisi, alat musik yang dikenal di provinsi Bangka Belitung. Walaupun masih banyak alat musik lainnya yang ada di Kepulauan Bangka Belitung seperti, suling/seruling, gendang melayu, maupun caklempong, akan tetapi tidak akan kami bahas secara detil disini. Sobat tradisi masih bisa menemukan keterangan untuk masing-masing alat musik tradisional tersebut diartikel lain di blog tradisikita.my.id ini.

Referensi :
http://www.visitbangkabelitung.com/content/dambus
http://bangka.tribunnews.com/2015/05/05/ini-alat-musik-gambangan-khas-belitong-hasilkan-nada-merdu
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Alat Musik Tradisional Bangka Belitung"

Posting Komentar