Yang Unik, Talepong Batu Talang Anau

Yang Unik, Talepong Batu Payakumbuh | tradisikita.my.id - Talepong adalah sebutan untuk alat musik tradisional  yang berasal dari Sumatera Barat. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini biasanya terbuat dari kuningan. Akan tetapi ada alat musik talepong yang unik dan menarik didaerah Talau Anau, Payakumbuh. Alat musik talepong yang berbunyi nyaring dari perunggu, bisa digantikan dengan batu!! Wah.. jadi penasaran nich, ko bisa batu berbunyi nyaring seperti halnya talepong kuningan.

Unik sekali talepong batu Talang Anau Payakumbuh ini ya Sobat. Walaupun terbuat dari batu, akan tetapi bunyi yang dihasilkan sama nyaringnya dengan talepong yang terbuat dari kuningan. Yang membedakan talepong batu ini adalah bentuknya. Sesuai dengan bahan pembuatannya, talepong batu Talau Anau Payakumbuh bentuknya tidak beraturan, sesuai dengan bentuk batu alam yang asli.


Talempong Batu ini di jumpai dalam satu bangunan di halaman Balai Adat Nagari Talang Anau , jumlah talempong batu ini ada  6 (enam) buah yang tersusun rapi berjajar diatas bantalan yang terbuat dari bambu . Pada sebuah batu talempong tersebut terdapat sebuah lukisan telapak kaki, warna batu talempong itu hitam memudar laksana logam yang akan dipukul akan menimbulkan bunyi nyaring seperti nada alat musik talempong tradisional Minangkabau yang terbuat dari kuningan. Lempengan batu yang berada di Talang Anau ini telah disusun sesuai dengan tangga nada yang dikeluarkan oleh masing-masing lempengan batu tersebut, sehingga bisa dimainkan mengikuti irama lagu tradisional Minangkabau. Lokasi Talempong Batu : Nagari Talau Anau ,Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten payakumbuah Lima Puluh Kota, Sumatera Barat , ± 172,00 Km dari Padang..

Nah... daripada bikin penasaran sobat tradisi, lebih baik kita saksikan keunikan talepong batu Talang Anau, Payakumbuh ini :




Gimana Sobat, unik bukan alat musik tradisional yang terbuat dari batu ini? Nah, buat Sobat yang kebetulan berencana berwisata ke Sumatera Barat dalam waktu dekat ini, tidak ada salahnya menyaksikan sendiri keunikan talempong batu di Nagari Talau Anau
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Unik, Talepong Batu Talang Anau"

Posting Komentar