Rumah Pohon Suku Korowai

Selain rumah adat suku Dani yang dikenal dengan nama rumah Honai dan Ebe'ai, Papua masih memiliki rumah adat tradisional yang dapat ditemui pada suku Korowai. Suku Korowai ini tinggal dirumah tinggi / rumah pohon . Rumah tinggi atau rumah pohon ini memang dibangun diatas pohonyang cukup tinggi Sobat, tingginya mencapai  15-50 meter.

Untuk membangun sebuah rumah, dipilih pohon besar kokoh sebagai tiang utama. Lantainya terbuat dari cabang pohon. Kulit pohon sagu digunakan untuk membuat dinding. Atapnya dari daun hutan. Sedangkan untuk merangkai sebuah rumah, dipilih tali rotan yang kuat. Para penghuni rumah pohon dapat menjangkau rumah dengan menggunakan  tangga panjang yang disusun menjulai ke bawah. Sebelum menempati rumah itu, mereka akan melakukan ritual malam mengusir roh jahat.

Rumah pohon Suku Korowai dibangun diatas pohon dengan tujuan untuk menghindari gangguan binatang buas dan gangguan roh-roh jahat. Suku Korowai mempercayai, semakin tinggi rumah pohon yang mereka buat, maka semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.

Sobat penasaran dengan rumah pohon suku Korowai ini? Simak ya beberapa gambar berikut ini yang diambil dari situs http://www.goodnewsfromindonesia.org:





Demikian Sobat tradisi, sekilas informasi mengenai rumah pohon suku korowai, untuk menambah pengetahuan Sobat akan keberadaan rumah adat di Provinsi Papua.




Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Pohon Suku Korowai"

Posting Komentar