4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut)

4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) | www.tradisikita.my.id. Suku Batak Toba adalah merupakan bagian dari suku Batak. Keberadaan suku Batak Toba terdapat di Kabupaten Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kota Simbolga.

Suku Batak Toba memiliki tari tradisional yang unik berupa tari tor-tor. Melalui laman nationalgeographic.co.id seorang tokoh seni (pendiri sanggar seni tor-tor) Togarma Naibaho menjelaskan, kata "Tor-tor" berasal dari suara entakan kaki penarinya di atas papan rumah adat Batak. Penari bergerak dengan iringan Gondang yang juga berirama mengentak. Adapun tujuan tarian tor-tor ini dulu untuk upacara kematian, panen, penyembuhan, dan pesta muda-mudi. Dan tarian ini memiliki proses ritual yang harus dilalui. Tari tor-tor pun memiliki tiga pesan utama. Pesan pertama adalah menunjukan rasa takut dan taat pada Tuhan, sebelum tari dimulai harus ada musik persembahan pada Yang Maha Esa. Kemudian dilanjutkan pesan ritual untuk leluhur dan orang-orang masih hidup yang dihormati. Terakhir, pesan untuk khalayak ramai yang hadir dalam upacara. Barulah dilanjutkan ke tema apa dalam upacara itu.

Dan berikut ini 4 macam jenis tari tor-tor yang merupakan tarian tradisional Suku Batak Toba dari Sumatera Utara yang dikutip dari laman http://www.pariwisatasumut.net :

1.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Sawan Panguras





2.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Somba





3.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Tunggal Panaluan



Tor tor Tunggal Panaluan adalah tari tor-tor yang sangat sakral bagi orang Batak. Karena menurut orang Batak, tari tor-tor tunggal panaluan ini merupakan media manusia dengan Mulajadi Nabolon ( Yang Maha Kuasa).
Tor-tor Tunggal Panaluan dilaksanakan seorang dukun (Datu Bolon) atas perintah Sang Raja dengan tujuan untuk menolak bala, meminta atau menolak hujan, mengangkat pemimpin atau seorang raja, membentuk kampung baru atau mengambil keputusan untuk berperang.



4.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Sipitu Cawan





Demikian Sobat tradisikita, 4 Tari Tradisional dari Suku Batak Toba Sumatera Utara. Semoga bermanfaat menambah referensi kebudayaan Asli Indonesia.
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut)"

Posting Komentar