Laikas, Rumah Adat Sulawesi Tenggara

Rumah Laikas adalah rumah adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Rumah adat Laikas  atau yang juga dikenal dengan Malige merupakan rumah adat Provinsi Sulawesi Tenggara yang pada umumnya berbentuk panggung, besar dan megah. Bentuk rumah adat laikas adalah persegi panjang layaknya istana raja.

Uniknya rumah adat laikas atau malige ini tidak menggunakan bahan logam seperti paku, akan tetapi rumah adat laikas atau malige ini menggunakan bahan 100% dari alam yaitu  kayu dan atapnya terbuat dari rumbai alang-alang/nipah. Balok kayu digunakan sebagai tiang, sedangkan dinding / badan rumah dari papan. Sedangkan untuk menyatukan semua bahan bangunan digunakan pasak kayu atau serat kayu.

Rumah adat laikas ini merupakan rumah adat dari suku tolaki, yaitu suku adat yang tinggal sekitar kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka dan Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Utara.

Rumah ada laikas / malige ini dibuat panggung yang biasanya bisa terdiri dari 3 - 4 lantai. Bagian kolong rumah adat laikas dipergunakan untuk menyimpan binatang ternak seperti ayam / babi. Lantai pertama dan kedua digunakan tempat tinggal oleh raja dan permaisuri, lantai ketiga untuk penyimpanan benda pusaka, dan lantai keempat digunakan untuk semedi atau beribadah. Sedangkan pada bagian kiri dan kanan lantai kedua terdapat ruangan khusus yang dipergunakan untuk menenun pakaian / kain tradisional yang disebut bone.
Rumah Adat Laikas / Malige Sulawesi Tenggara


Demikian Sobat tradisi, sekilas perkenalan kita dengan rumah adat laikas atau yang dikenal dengan rumah adat malige yang merupakan rumah adat suku Tolaki dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://noldy90.blogspot.co.id/2015/06/rumah-adat-laikas-sulawesi-tenggara.html

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laikas, Rumah Adat Sulawesi Tenggara"

Posting Komentar