4 Alat musik tradisional Sulawesi Utara

4 Alat musik tradisional Sulawesi Utara | TradisiKita - Selain Seni Tari Tradisional Sulawesi Utara dan Lagu Daerah Sulawesi Utara, Propinsi yang berada di Pulau Sulawesi dan Beribukota di Manado ini juga memiliki beberapa alat musik tradisional khas dari daerah Sulawesi Utara.

Apakah alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara ini? Sobat tradisi pasti sebagian besar sudah mengetahui jenis-jenis alat musik yang banyak dipergunakan untuk mengiringi tari - tarian tradisional dari Sulawesi Utara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami merangkum beberapa alat musik tradisional dari Sulawesi Utara :

1. Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara - Kolintang


Alat musik Kolintang adalah alat musik tradisional yang terkenal di daerah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Bahan untuk membuat alat musik tradisional kolintang ini adalah kayu. Ada Kolintang yang dibuat dari bahan kayu bernama kayu bandaran, kayu wenang, dan lain sebagainya. Umumnya kayu yang dibuat untuk membuat Kolintang ini adalah kayu-kayu ringan, namun memiliki serat kayu yang padat. Alat musik kolintang dimainkan dengan cara dipukul. Bahkan Kolintang ini terkenal dapat mengeluarkan bunyi yang khas karena bisa digunakan untuk mengeluarkan bunyi nada rendah maupun nada tinggi. Salah satu fungsi Kolintang adalah mengiringi tari tradisional dari Sulawesi Utara yaitu Tari Lenso dan Tari Tatengesan.

Kolintang - Gambar : http://www.indonesiakaya.com

2. Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara - Salude

Alat musik yang identik dengan Sulawesi Utara adalah Kolintang. Namun sebenarnya masih ada alat musik tradisional yang menjadi ciri khas masyarakat Minahasa. Namanya adalah Salude.

Salude adalah sejenis alat musik tradisional yang dibuat dari seruas bambu. Pada bagian tengah badan bambu terdapat lubang yang memiliki fungsi sebagai resonator dan diatasnya dipasang 2 senar yang juga dibuat dari serat ari bambu. 

Cara membunyikan alat musik salude adalah dengan cara dipetik atau dipukul dengan pelepah pinang. Alat musik Salude ini merupakan alat musik sejenis  sitar tabung yang termasuk dalam kelompok ido-kardofon.


 
Salude - Gambar : http://www.indonesiakaya.com

3. Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara -Tetengkoren


Tetengkoren adalah merupakan salah satu alat musik pukul (Diophone) yang terbuat dari bambu berbentuk tabung bambu. Alat musik ini dipergunakan untuk mengiringi tari tradisional seperti tari tatengesan atau tari tetengkoren namun secara umum dipergunakan pula sebagai alat komunikasi didaerah kebun di Sulawesi Utara.  

Penari Tetengkoren - Gambar : http://www.pikore.com/m/838486285974211791_1112765482

4. Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara - Momongan

Momongan adalah merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Utara yang lebih kita kenal dengan nama Gong. Alat musik momongan ini terbuat dari perunggu yang dibunyikan dengan cara dipukul.

Alat musik momongan dipergunakan untuk mengiringi berbagai tari tradisional dari Sulawesi Utara.

Selain alat musik diatas, masih ada beberapa alat musik tradisional yang dipergunakan masyarakat Sulawesi Utara seperti Tambur dan Suling.

Demikian Sobat tradisi, 4 Alat musik tradisional dari Sulawesi Utara, semoga bermanfaat bagi Sobat semua.

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Alat musik tradisional Sulawesi Utara"

Posting Komentar