Senjata Tradisional Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan provinsi di Indonesia bagian barat yang didirikan berdasarkan UU No. 25 Tahun 2002. Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi ke 32 merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Ibukota provinsi Kepulauan Riau berada di Tanjungpinang. Masyarakat Kepulauan Riau mayoritas adalah suku melayu yang memiliki beragam kebudayaan dan termasuk senjata tradisional.

Senjata Tradisional yang dikenal di Kepulauan Riau antara lain :

1. Senjata Tradisional Kepulauan Riau - Pedang Jenawi


Pedang ‘Jenawi’ merupakan sejenis senjata tradisional berupa pedang yang dipergunakan oleh para panglima perang tempo dulu. Panjang pedang Jenawi ini bisa mencapai 1 meter.

Pedang Jenawi Senjata Tradisional dari Kepulauan Riau

2. Senjata Tradisional Kepulauan Riau - Beladau


Beladau adalah sejenis belati yang merupakan senjata tradisional yang dikenal di Sumatera dari Riau sampai Mentawai. Beladau memiliki bermata pisau tunggal atau bermata dua,bentuk pisau melengkung. Pisau dari gagang ke ujung semakin runcing dan melengkung ke suatu titik.


3.Senjata Tradisional Kepulauan Riau - Badik Tumbuk Lada 

Batik Tumbuk Landak adalah senjata tradisional suku adat melayu. Keterangan mengenai senjata tradisional ini bisa Sobat baca pada artikel 4 Senjata Tradisional dari Jambi.


Selain ketiga senjata tradisional  kepulauan riau diatas, masih terdapat senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat kepualauan riau seperti keris dan sabit. Semoga artikel ringkas ini bermanfaat ya Sobat serba-tradisional...

Referensi dan Sumber Gambar :
http://gambar.co
http://id.wikipedia.org

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senjata Tradisional Kepulauan Riau"

Posting Komentar