Oleh-oleh Khas Lampung

Hai Sobat Tradisi, sudah jadi tradisi jika ada teman yang pulang kampung selalu kita minta untuk dibawakan oleh - oleh khas daerah teman tersebut. Tidak terkecuali penulis yang berasal dari sebuah dusun yang terletak di Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung, kalo lagi pulang kampung pasti aja ada yang bilang "jangan lupa ya, oleh-olehnya.."

Nah, kali ini kita akan mengenal oleh-oleh khas Lampung yang bisa Sobat beli di sekitar Kota Bandar Lampung atau disepanjang jalan raya jalur trans sumatera, tepatnya disekitar daerah Panjang dan Tarahan, berjajar toko / kios yang menjual beraneka macam oleh-oleh khas lampung tersebut.

Udah enggak sabar ya, pengen tahu apa aja sih oleh-oleh khas lampung? Cari tahu TradisiKita disini :

1. Kerupuk Kemplang


Kerupuk kemplang adalah kerupuk rasa ikan belida/tenggiri yang diolah tanpa digoreng dengan minyak, melainkan dipanggang diatas pasir. Ehmm oleh-oleh Lampung yang satu ini memang sudah cukup populer lho, buktinya disepanjang Jalan Tarahan / Panjang banyak sekali toko oleh-oleh yang menyediakan kemplang dengan stok yang melimpah. Hal ini membuktikan kalau kemplang Lampung adalah oleh-oleh yang banyak peminatnya.

Kemplang lampung yang dijual biasanya sudah dilengkapi dengan sambal yang dikemas dalam kantong plastik berukuran kecil. Rasa kemplang yang gurih ditabur dengan sambalnya yang enak memang bikin ngangenin. Biasanya kemplang ini dijual sudah dalam kemasan plastik seharga sekitar 25 ribu rupiah.

2. Keripik Pisang


Pisang memang tanaman yang banyak tumbuh di Lampung. Bahkan di kampung penulis pisang sudah seperti buah yang tidak ada artinya. Beberapa waktu yang lalu penulis pulang ke Lampung, berapa banyak pohon pisang sudah penulis tebas... Pisangnya sudah banyak matang dipohon tapi tidak ada yang mengambil dan bahkan banyak yang habis dimakan kelelawar dan burung. Yah.. daripada sayang, ya sudah kita babad habis biar bisa dibawa ke Pulau Jawa.. :D

Nah oleh-oleh khas Lampung selanjutnya adalah olahan dari pisang. Pasti pada tahu dong dengan Keripik Pisang. Eits... tapi yang ini berbeda lho Sobat, keripik pisang yang ini tersedia berbagai rasa mulai dari rasa coklat, susu, keju, strowberry, original de el el.

Keripik pisang Lampung berbagai rasa yang biasanya dibuat dari pisang kepok ini tersedia dari berbagai merek dengan harga mulai 15 ribu rupiah.

3. Kopi Lampung


Selain pisang, lampung juga terkenal dengan kopinya. Kopi Hitam sangat terkenal, bahkan ketika penulis tinggal di Garut ada teman yang sengaja memesan kopi hitam lampung ketika penulis pulang kampung. Kebetulan tetangga penulis banyak yang memiliki pohon kopi, jadi ketika pulang dan kebetulan ada yang sedang memanen kopi, sengaja penulis membeli dan mengolah sendiri biji kopi tersebut hingga menjadi kopi bubuk yang siap diseduh.

Namun jika Sobat tradisi mau membeli kopi Lampung ini, dipusat oleh-oleh biasanya sudah tersedia aneka merek kopi Lampung yang bisa menjadi oleh-oleh khas Lampung.

4. Lempok Durian


Kalau Sobat berkunjung ke Lampung, mungkin Sobat akan banyak menemui banyak penjual durian dengan harga yang murah. Tentu saja durian tersebut bisa langsung disantap ditempat atau dibawa ke rumah, namun jika dibawa perjalanan jauh... tak terbayang bau durian dikendaraan bisa membuat mual bagi yang tidak begitu menyukai durian.

nah ada alternatif nih buat bawa durian ini sebagai oleh-oleh. Walaupun makanan ini bukan asli makanan Lampung, akan tetapi banyak yang menjualnya sebagai oleh-oleh di daerah Lampung. Yap, apalagi kalau bukan Lempok Durian.

Lempok Durian adalah sejenis dodol durian, yaitu makanan olahan yang berbahan dasar durian yang diolah dengan gula merah.

Untuk mendapatkan Lempok Durian di Lampung, Sobat bisa mengunjungi pusat oleh-oleh atau supermarket. Lempok durian ini bisa awet beberapa hari, namun sebaiknya sobat menghindari menyimpan lempok durian ini didalam kulkas. Karena selain akan membuat lempok durian ini menjadi keras, rasa dan aromanyapun akan berubah.

5. Lapis Legit Khas Lampung


Kue Lapis Legit memang bisa kita temui diberbagai daerah di Indonesia. Tapi Lapis Legit Khas Lampung ini berbeda Sobat. Lapis Legit Khas Lampung ini berbahan telur yang lumayan banyak, untuk 1 adonan lapis legit konon bisa menggunakan sampai 20 telur. Terbayang kan rasanya pasti ueeeeeenak pisan!

Untuk mendapatkan kue lapis legit khas Lampung ini, Sobat bisa mendapatkan dibeberapa toko oleh-oleh atau di supermarket di Kota Bandar Lampung.

6. Sambal Lampung

Sambal adalah makanan pedas yang tentu saja ada di berbagai daerah. Di Jawa Barat misalnya, banyak sekali variasi sambal yang dapat kita nikmati diberbagai restoran khas Sunda. Tapi Sambal Khas Lampung mempunyai citarasa yang berbeda Sobat. Dan ternyata sambal lampung ini bisa dijadikan oleh-oleh Lampung karena sudah dikemas dan bisa kita beli di supermarket di Bandar Lampung.

7. Pempek


Nah Sobat Tradisi pasti udah tahu kan kalau pempek ini adalah makanan khas Palembang? Tapi yang lagi berkunjung ke Lampung ga harus ke Palembang dulu untuk bisa membawa oleh-oleh pempek. Di Lampung banyak juga yang menjual pempek sebagai makanan oleh-oleh. Makanan khas Palembang ini banyak ditemukan didaerah Kupang Teba - Teluk Betung.

8. Kain Tapis


Nah kalau yang satu ini oleh-oleh yang berbentuk kais tapis sebagai kenang-kenangan bagi Sobat yang memang menyukai seni. Kain Tapis adalah kain khas Lampung dengan motif khas Lampung yang bisa digunakan sebagai bahan pakaian ataupun sebagai hiasan dinding. Kain tapis ini merupakan kain yang ditenun menggunakan benang emas. Harga kain tapis ini beragam tergantung pada ukuran maupun motifnya. Sobat tradisi bisa mendapatkan kain tapis ini ditoko tapis atau gallery art di kota Bandar Lampung


Demikian Sobat beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa Sobat beli di Lampung sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Untuk yang punya info lain mengenai oleh-oleh Lampung, silahkan di sharing ya...

Sumber gambar : google image

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Oleh-oleh Khas Lampung"

Posting Komentar