Oleh-Oleh Khas Garut

Garut merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kabupaten yang memiliki 42 Kecamatan ini memiliki kindahan alam dan keragaman seni tradisional. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Bandung, menjadikan Garut sebagai alternatif tujuan tempat wisata. Sebagai tempat tujuan wisata di Jawa Barat, tentu saja banyak sesuatu yang khas. Tidak terkecuali oleh-oleh berupa makanan dan Cinderamata lainnya.

Dibawah ini adalah daftar oleh-oleh khas Garut yang dapat Sobat bawa untuk teman atau keluarga tercinta :

1. Dodol Garut


Dodol Garut adalah makanan yang telah menjadi ikon Garut dan mampu mengangkat nama Garut dimata dunia dengan produk dodol berkualitas tinggi. Berbagai merek dan jenis dodol dapat dengan mudah kita dapatkan di supermarket, pasar tradisional maupun toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh khas Garut. Citara dodol Garut sudah menjadi ciri khas tersendiri serta bisa dengan mudah dibedakan dengan jenis dodol dari daerah lain di Indonesia.

Jenis dodol yang terdapat di Garut antara lain dodol ketan, kacang, coklat, susu, wijen, dodol buah-buahan dan saat ini banyak variasi dodol hasil kreasi pengusaha dodol Garut yang memadukan dodol coklat aneka rasa seperti chocodot (Coklat With Dodol Garut) dengan aneka kemasan yang menarik.

Ilustrasi Dodol Garut - indonesiakaya.com

2. Dorokdok dan Kerupuk Kulit

Dorokdok atau sejenis kerupuk kulit adalah merupakan makanan khas dan oleh-oleh dari Garut. Seperti halnya dodol garut, dorokdok dan kerupuk kulit banyak sekali dijual di Tarogong yaitu sekitar jalan Otista. Jalan Otista ini murapakan pintu masuk dan keluar dari kota Garut, disinilah pusat oleh-oleh dan cinderamata Garut banyak dijual.

Dorokdok dibuat dari kulit sapi pilihan yang diolah dengan rempah-rempah khas Jawa Barat dengan rasa yang tiada duanya. Sedangkan kerupuk kulit biasanya terbuat dari kulit kerbau. Biasanya tampilan dorokdok terlihat lebih gelap dibanding dengan kerupuk kulit. Sedangkan kerupuk kulit, selain bentuknya yang lebih padat, warnanya juga cenderung lebih putih.

Sentra pembuatan kerupuk kulit dan dorokdok tersebar di sekitar Sukaregang, Kota Garut.



3. Keripik Kentang Cikajang


Kentang adalah sayuran yang banyak ditanaman didaerah Kecamatan Cikajang Garut. Hasil olahan kentang yang juga bisa menjadi oleh-oleh khas Cikajang Garut adalah Keripik / kerupuk kentang. Camilan dari kentang ini berasa gurih, cocok untuk camilan maupun teman makan.

Penulis sendiri yang pernah tinggal di Cikajang, selalu membeli oleh-oleh Keripik kentang ini untuk oleh-oleh keluarga.
Keripik/Kerupuk Kentang merupakan produksi rumahan masyarakat Kecamatan Cikajang. Produk Keripik Kentang Cikajang dapat Sobat dapatkan ditoko oleh-oleh di pasar Kecamatan Cikajang maupun di pusat oleh-oleh di Kota Garut.


4. Wajit Cisompet

Wajit adalah makanan legit yang dibuat dari ketan, santan dan gula merah. Di Jawa Barat sentra wajit yang cukup terkenal adalah wajit Cililin. Selain Cililin, ternyata wajit juga banyak dijumpai di Kecamatan Cisompet Garut. Uniknya jika wajit yang ada pada umumnya berukuran kecil, wajit Cisompet berukuran cukup besar. Dan pembungkus wajit Cisompet umumnya dari daun / pelepah kawung. 

Jika Sobat berencana untuk berlibur atau berekreasi ke Objek Wisata pantai Santolo di Kecamatan Pameungpeuk, sobat bisa mampir ke Pasar Cisompet untuk membeli wajit Cisompet, oleh-oleh khas Cisompet Garut.

5. Opak Bungbulang dan Kelontong


Oleh-oleh Opak Bungbulang ini sudah sangat terkenal, dengan penjualan tidak hanya di Bungbulang tapi sudah merambah kota-kota besar seperti Garut, Bandung dan Bogor. 

Opak bungbulang terbuat dari ketan, saripati kelapa dan garam. Setelah dimasak setengah matang, ketan dengan kualitas tinggi ditumbuk dengan diberi santan dan garam. Setelah halus dibentuk bulat tipis dan dijemur. Kemudian setelah kering, opak bungbulang dimasak dengan cara dibakar di perapian. Cara membakar opak ini persis dengan cara membakar sate.


6. Jaket Kulit


Selain dorokdok dan kerupuk kulit, ada kerajinan yang menjadi khas Garut yang juga terbuat dari kulit. Jaket Kulit juga sudah menjadi ikon Garut. Sentra pembuat jaket kulit berada di Sukaregang Kota Garut.

Jaket Kulit Garut ini bisa Sobat dapatkan di toko-toko jaket kulit di Sukaregang Garut.

7. Batik Garut

Satu lagi cinderamata dan oleh-oleh kerajinan dari Garut. Batik Garut / Batik Garutan memiliki keistimewaan motif khas yang memang dipengaruhi oleh kekayaan budaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Motif batik Garut antara lain Merak Ngibing, Limar Eneng Segi Dodol, Kembang dan Kalajengking, Lereng Kecil, Parang, Rotan Matahar.

Sobat dapat membeli batik garut di toko batik dan souvenis di Jl. Otista.

Batik Garutan - gambar viva.co.id

8. Batu Akik Bungbulang

Selain opak dan dorokdok, ternyata ada cinderamata yang lagi hits di Indonesia berasal dari Bungbulang. Batu Akik dari Bungbulang sudah cukup dikenal di Indonesia. Batu Akik yang asli Bungbulang yang terkenal antara lain batu akik hijau Bungbulang.

Bebatuan bahan batu Akik Bungbulang ini banyak diambil dari beberapa desa di Kecamatan Bungbulang seperti dari Desa Caringin, Cigajah dan Gunung Kencana. Sobat bisa mendapatkan batu akik Bungbulang di toko akik disekitar Garut maupun dari toko online yang saat ini sudah makin marak.



Demikian Sobat tradisi, beberapa makanan dan cinderamata yang bisa menjadi oleh-oleh yang bisa Sobat dapatkan dari Kabupaten Garut.



Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Oleh-Oleh Khas Garut"

Posting Komentar