4 Senjata Tradisional Provinsi Riau

Riau merupakan provinsi terkaya di Indonesia. Kekayaan alam Riau berasal dari alam seperti gas alam, minyak bumi, karet, kelapa sawit dan perkebunan serta. Namun pembukaan kelapa sawit dan kayu untuk kertas besar-besaran telah menyebabkan deforestasi hutan yang ada di Riau. Dari 78% pada tahun 1982 tersisa 22% atau 2,45 juta hektar hutan pada tahun 2009. Alhasil pembukaan hutan ini menyebabkan kabut asap yang memalukan Indonesia.

Kehilangan hutan semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk dapat memperbaikinya. Dibidang budaya kita juga tidak boleh kehilangan jati diri dan identitas Bangsa. Provinsi Riau memiliki beragam budaya dan adat istiadat yang berkembang dari keberadaan masyarakat adat Melayu. Provinsi Riau memiliki senjata tradisional yang perlu kita ketahui dan kita lestarikan bersama.

4 Senjata tradisional Provinsi Riau adalah  :

1. Senjata Tradisional Provinsi Riau - Keris Riau


Keris merupakan senjata pusaka yang telah digunakan berabad lalu. Tidak hanya di Riau, keris pada umumnya digunakan oleh bangsawan di Asia Tenggara. Keris merupakan simbol kehormatan dan alat mempertahankan diri. Senjata ini digunakan untuk menikam dari jarak dekat.

Kedudukan keris dalam sejarah sebagai simbol kehormatan tidak dipungkiri lagi, bahwa dalam masa kerajaan itu terlihat jelas sebagai bentuk perlindungan diri, maupun kebanggaan. Bahkan dalam sejarah modern, fungsi itu terus berkembang sebagai obyek sejarah, dan dapat pula menjadi benda penentu sejarah berdasarkan masa pembuatan dan jenis bahan yang digunakan.

Hingga kini dalam adat dan budaya Melayu Riau, selalu menggandengkan keris dalam setiap busana sebagai senjata pelengkap sejak turun-temurun. Namun yang berbeda dalam pekaian keris dari adat yang ada di pulau Jawa adalah, apabila penggunaan keris di Jawa diselipkan di pinggang bagian belakang, di Riau dan masyarakat melayu pada umumnya penggunaan keris adalah didepan.





2. Senjata Tradisional Provinsi Riau -Beladau



Beladau atau pisau belati juga merupakan senjata tradisional yang telah dipergunakan oleh masyarakat melayu dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Beladau pada umumnya dikenal di daerah Sumatera dari Riau dan Kepulauan Riau sampai Mentawai. Senjata ini merupakan senjata tikam dan senjata sayat. Panjang pisau ini biasanya sekitar 24cm.






3. Senjata Tradisional Provinsi Riau - Kelewang


Kelewang merupakan senjata tradisional Riau sejenis golok. Senjata dahulu dipergunakan oleh para prajurit, namun saat ini dipergunakan oleh masyarakat pada umumnya. Bahkan sampai saat ini Kelewang banyak dipergunakan untuk keperluan pertanian.



4. Senjata Tradisional Provinsi Riau - Pedang Jenawi


Pedang Jenawi adalah senjata tradisional Riau dan Kepulauan Riau. Untuk melihat keterangan Pedang Jenawi dapat Sobat buka di halaman Senjata Tradisional Kepulauan Riau.

Referensi dan Sumber Gambar :
http://www.cekau.com
http://nationalgeographic.co.id/
id.wikipedia.org


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Senjata Tradisional Provinsi Riau"

Poskan Komentar