4 Senjata Tradisional dari Jambi

Masyarakat di Provinsi Jambi terdiri dari berbagai suku adat, antara lain suku kerinci, suku kubu, suku anak dalam, suku batin dan suku melayu. Dari berbagai suku tersebut masing-masing memiliki keragaman budaya dan adat istiadat. Tidak terkecuali senjata tradisional yang berkembang dimasyarakat suku adat di Provinsi Jambi.

4 Senjata Tradisional Jambi yang dikenal antara lain :

1. Senjata Tradisional Jambi - Badik Tumbuk Lada


Badik Tumbuk Lada adalah senjata tradisional khas melayu yang ada di Sumatera dan Kepulauan Riau serta Semenanjung Melayu. Senjata tradisional Jambi ini bentuknya seperti badik khas Sulawesi hanya saja pada sarung Tumbuk Lada terdapat benjolan bundar yang dihias dengan ukiran pahat. Sarung senjata ini dilapis dengan kepingan perak yang diukir dengan pola-pola rumit. Bentuk badik tumbu ladak juga menyerupai keris akan tetapi tidak bergelombang. Senjata tradisional dari Jambi ini pada zaman dulu dipergunakan untuk berburu dan berperang. Namun selain untuk berperang Tumbuk Lada pada zaman dulu juga menjadi salah satu kelengkapan pakaian adat di Jambi, Kepulauan Riau, Deli, Siak dan Semenanjung Tanah Melayu.


2. Senjata Tradisional Jambi - Keris Siginjai


 Keris Siginjai adalah senjata tradisional Jambi yang dikenal milik Raja Rangkayo Hitam, seorang raja Jambi yang gagah berani. Disebut Siginjai karena keris ini dahulu sering disimpan dirambut Rangkayo Hitam  sebagai tusuk konde (Ginjai). Sehingga kelamaan keris ini disebut keris siginjai.

Keris Siginjai ini terbuat dari bahan-bahan berupa kayu, emas, besi, dan nikel. Bilah/Wilahan Keris Siginjai panjang lebih kurang 39 cm dan berlekuk (luk) 5. keris Siginjai tidak telah menjadi lambang mahkota kesultanan Jambi sebagai lambang pemersatu rakyat Jambi. Sultan terakhir yang memegang benda kerajaan itu adalah Sultan Achmad Zainuddin pada awal abad ke 20


3. Senjata Tradisional Jambi - Sumpit Suku Kubu

Sumpit sebagai senjata tradisional banyak dipergunakan oleh suku adat yang ada di Indonesia. Tidak terkecuali di Jambi. Di Suku Kubu terdapat sumpit yang dipergunakan masyarakat untuk berburu binatang.

4. Senjata Tradisional Jambi  - Keris Senja Merjaya

Keris Senja Merjaya menjadi koleksi Museum Nasional juga pada November 1904 dengan nomor inventaris 10920 (E 264). Undang-Undang Piagam dan Kisah Negeri Jambi” menyebut keris Senja Merjaya merupakan keris pemberian Sultan Palembang kepada Pangeran Ratu Anom Martadiningrat sebagai hadiah perkawinannya dengan putri Palembang.



Demikian Sobat serba-tradisional, 4 Senjata Tradisional dari Jambi semoga informasi singkat ini bermanfaat.

Refensi dan Sumber Gambar :
https://zipoer7.wordpress.com
http://ronalsaputraa.blogspot.com
http://jambi.tribunnews.com

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Senjata Tradisional dari Jambi"

Posting Komentar