4 Senjata Tradisional Bengkulu

Di wilayah Bengkulu dahulu pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berdasarkan etnis seperti Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Selebar, Kerajaan Pat Petulai, Kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung, dan Kerajaan Marau Riang. Seperti halnya zaman kerajaan yang kita kenal pasti memiliki pasukan perang yang dilengkapi dengan berbagai senjata. Senjata yang dipergunakan oleh kerajaan tersebut termasuk dalam senjata tradisional.
Senjata tradisional Bengkulu yang dikenal antara lain keris, badik, rambai ayam dan rudus.

1. Senjata Tradisional Bengkulu - Keris

Keris adalah senjata tradisional daerah Bengkulu. Keris merupakan senjata tradisional yang dipergunakan untuk menikam dari jarak dekat. Sebagai senjata tradisional yang banyak dipergunakan oleh masyarakat di Sumatera bisa Sobat lihat pada halaman Senjata Tradisional Provinsi Riau.

2. Senjata Tradisional Bengkulu - Badik / Sewar

Badik/Sewar juga sejenis keris dengan bentuk lurus dan bermata satu. Dipakai untuk berburu dan sebagai perlengkapan upacara adat. Pada umumnya jenis badik ini terdapat juga pada masyarakat melayu daerah / provinsi lainnya namun dengan nama yang kemungkinan berbeda beda seperti sewar/siwah atau tumbuk lada. Seperti dibawah ini, di daerah Manna Bengkulu Selatan senjata tradisional ini disebut Sewar, sedangkan di Lampung disebut dengan Badik Manna


3. Senjata Tradisional Bengkulu - Rambai Ayam

Rambai ayam atau Jembio adalah senjata tradisional yang berupa senjata tusuk yang tajam disalah satu sisi dan ujung yang meruncing. Disebut rambai ayam karena bentuknya yang menyerupai ekor ayam / taji ayam. Pada umumnya Rambai Ayam berukuran antara 25 - 30 cm.


4. Senjata Tradisional Bengkulu - Rudus


Rudus adalah sejenis pedang yang terdiri dari mata, ulu, dan sarung. Dipergunakan untuk berperang, membela diri dan kelengkapan pada upacara penobatan datuk (kepala adat). Rudus juga dipergunakan dalam lambang Provinsi Bengkulu. Penggunaan rudus dalam lambang Provinsi Bengkulu tersebut melambangkan kepahlawan.
Demikian Sobat serba-tradisional, 4 senjata tradisional dari Bengkulu. Kita berjumpa pada artikel selanjutnya.

Referensi dan Sumber Gambar :
http://pusakasumatera.blogspot.com
http://mpipswellian.blogspot.com
http://id.wikipedia.org
Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Senjata Tradisional Bengkulu"

Posting Komentar