7 Alat musik tradisional dari Jambi

7 Alat musik tradisional dari Jambi - Selain memiliki lagu daerah Jambi, Provinsi Jambi juga memiliki beberapa alat musik tradisional. Provinsi Jambi yang juga beribukota di Jambi sebagian besar masyarakatnya adala masyarakat melayu. Sehingga tidak heran apabila beberapa alat musik yang ada di Jambi hampir sama dengan daerah lainnya yang juga berpenduduk mayoritas melayu.

Namun demikian, kita akan mencoba mengulas 7 alat musik khas yang ada di Jambi ini. 7 Alat musik tradisional dari Jambi tersebut adalah :

1. Serangko
2. Gangor Cangor
 3. Puput Kayu
4. Gendang Melayu Jambi
5. Gambus Jambi
6. Sekdu
7. Kelintang Kayu

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai 7 alat musik Jambi :

Serangko


Serangko adalah sejenis alat musik tiup yang terbuat dari tanduk kerbau. Panjang alat musik Serangko ini  mencapai 1 meter - 1,5 meter. Pada zaman dahulu alat musik Serangko ini digunakan oleh komandan perang untuk memberikan komando. Selain fungsi itu, Serangko juga digunakan untuk pemberitahuan ketika ada musibah kematian yang menimpa salah satu masyarakat di Jambi.

Serangko alat musik tradisional dari Jambi

Gangor / Cangor


Gangor Cangor merupakan alat musik tradisional Jambi yang  terbuat dari bambu. Cangor merupakan alat musik sitar tabung, termasuk kelompok alat musik idio-kordofon. Alat musik ini biasanya dimainkan sebagai pelepas lelah bagi petani ketika sedang istirahat. Cangor banyak ditemukan di Kabupaten Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo dan Kerinci.

Cangor alat musik dari Jambi

Puput Kayu

Jika di Sumatera Barat kita mengenal alat musik Puput Serunai, di Jambi ada yang namanya Puput Kayu. Puput Kayu ini adalah sejenis alat musik tradisional Jambi yang terbuat dari kayu. Alat musik Puput Kayu tergolong alat musik  tiup. Puput Kayu ini sejenis serunai yang dilengkapi lidah-lidah sebagai alat bantu tiup, pada badan puput kayu terdapat tujuh lubang nada. Puput kayu dimainkan sebagai pelengkap alat kesenian pada saat mengiringi lagu dan tarian tradisional Jambi.

Alat musik Jambi - Puput Kayu

Gendang Melayu Jambi

Gendang Melayu Jambi memiliki karakteristik bentuk maupun bunyi yang khas dibandingkan dengan gendang dari daerah lainnya. Gendang Melayu Jambi terbuat dari bongkot kelapa dan kulit binatang ternak seperti kambing. Jalinan rotan berfungsi untuk mengencangkan kulit gendang tersebut. Gendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan sambil dipeluk dalam posisi duduk. Agar bunyinya lebih nyaring pada lingkaran kulit bagian dalam dipasak dengan menggunakan rotan bulat disebut sentung. Diprovinsi Jambi gendang ini lazimnya digunakan untuk polaritme lagu-lagu daerah serta pengiring tari,serta lagu-lagu melayu Jambi lainnya.
Gendang Melayu Jambi

Gambus Jambi

Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja. Di Jambi kita dapat menemukan alat musik Gambus ini.




Sekdu

Sekdu adalat Instrumen atau alat musik tradisional Jambi yang dimainkan dengan cara ditiup dan dibuat dari bambu dengan diamater 1,5 cm. Namun dibagian peniupnya terbuat dari kayu yang biasanya disebut dengan klep peniup. Nada yang dihasilkan oleh Sekdu ini hanya terdiri dari nada do, re, mi, sol dan la, sehingga Sekdu ini disebut alat musik pentatonis atau selendro. Sekdu biasanya digunakan oleh masyarakat melayu tua dalam acara-acara upacara adat.

Serdu alat musik tiup dari Jambi
 Kelintang Kayu
Di Jambi kita juga dapat menemui alat musik yang disebut Kelintang Kayu.
Kelintang kayu juga termasuk alat musik tradisional Jambi yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang dimainkan dengan cara dipukul.

Kelintang Kayu
Demikian 7 Alat musik tradisional dari Jambi, semoga bermanfaat.
Referensi :indonesiaheritage.org, budaya-indonesia.org

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Alat musik tradisional dari Jambi"

Posting Komentar