3 Alat Musik Tradisional Jawa Timur

serba-tradisional - Banyak sekali kesenian yang terkenal dari Jawa Timur, diantaranya bahkan pernah ada yang diklaim oleh negara tetangga. Namun akhirnya masyarakat dunia mengakui bahwa kesenian Reog adalah kesenian asli dari Jawa Timur atau lebih tepatnya di Ponorogo. Sehingga dikenal dengan istilah reog ponorogo. Selain reog ponorogo masih ada kesenian asli Jawa Timur seperti ludruk. Nah diantara kesenian yang berkembang di Jawa Timur, kesemuanya menggunakan alat-alat musik tradisional khas Jawa Timur. Walaupun pada umumnya, alat musik tradisional Jawa Timur ini juga terdapat dan digunakan pula oleh Provinsi lain di Pulau Jawa dan Bali, namun ada baiknya kita mengenal ciri khas alat musik tersebut antar daerahnya. Misalnya saja alat musik angklung, angklung di Jawa Timur memiliki ciri khas bentuk atas yang dibuat melengkung dan dipasang hiasan kain berwarna warni. Alat musik tradisional angklung ini digunakan pada kesenian Reog Ponorogo.

Dibawah ini adalah alat musik tradisional Jawa Timur yang khas dan memiliki ciri tersendiri jika dibandingkan dengan alat musik tradisional serupa yang terdapat di wilayah lain :

1. Alat musik tradisional Jawa timur : Terompet Reog


Terompet reog yang digunakan pada kesenian reog ponorogo memiliki ciri khas bentuk dan bunyi yang unik. Terompet reog terbuat dari kayu dan bambu serta tempurung kelapa, dibunyikan dengan cara ditiup. Bentuk terompet reog sangat unik dengan ukuran besar diujung bawah dan mengerucut mengecil dibagian yang ditiup serta ada sekat yang terbuat dari tempurung kelapa dengan bentuk menyerupai kumis sang peniup terompet reog. Terompet reog memiliki 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada serta 1 lubang dipangkal untuk meniup.

Terompet Reog - Gambar : kfk.kompas.com
Sesuai namanya, alat musik tradisional dari Jawa timur ini dipergunakan untuk mengiringi musik reog pada pertunjukan Reog Ponorogo. Terompet Reog atau selompret ini dipergunakan bersama alat musik lainnya tradisional jawa timur lainnya seperti Kenong, Kempul, Kethuk, Kendhang, gong dan angklung reog.

2. Alat musik tradisional Jawa Timur : Angklung Reog


Alat musik tradisional Jawa Timur lainnya yang juga unik dan memiliki kekhasan jika dibandingkan dengan alat musik serupa di Jawa Barat adalah Angklung. Angklung reog ponorogo memiliki bentuk lengkungan dibagian atas dan dihiasi oleh aksesoris dan pernik warna warni sehingga lebih menarik dan senada dengan pakaian para penari reog ponorogo.

Angklung Reog - Gambar : ruangkudisini.blogspot.com


3. Alat musik tradisional Jawa Timur : Saronen


Saronen adalah merupakan alat musik dan sekaligus nama kesenian yang berasal dari Madura Jawa Timur. Kesenian musik saronen Jawa Timur ini menggunakan 9 alat musik yang terdiri dari 1 saronen, 1 gong besar, 1 kempul, 1 kenong besar, 1 kenong tengahan, 1 kenong kecil, 1 korca, 1 gendang besar, 1 gendang dik-gudik ( gendang kecil ).
Saronen yang merupakan alat musik tiup berbentuk kerucut, terbuat dari kayu jati dengan enam lobang berderet di depan dan satu lubang di belakang. Sebuah gelang kecil dari kuningan mengaitkan bagian bawah dengan bagian atas ujungnya terbuat dari daun siwalan . Pada pangkal atas musik itu ditambah sebuah sayap dari tempurung menyerupai kumis.

Saronen - Gambar : fran-noto.blogspot.com

Alat musik saronen dan kesenian saronen saat ini biasanya dipertunjukan untuk mengiringi lomba kerapan sapi, kontes sapi sono', upacara ritual, resepsi pernikahan, kuda serek ( kencak ) dll.

Demikian Sobat, 3 Alat musik tradisional Jawa Timur semoga dapat menambah pengetahuan Sobat semua.

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Alat Musik Tradisional Jawa Timur"

Posting Komentar