Tempat Wisata Alam di Bandung yang Belum Banyak Diketahui (1)

Halo Sobat serba-tradisional.. ini adalah artikel pertama kami yang akan membahas tempat wisata / tujuan wisata yang ada di Bandung - Jawa Barat. Kali ini serba-tradisional akan sedikit menguak keberadaan tempat-tempat wisata yang belum diketahui oleh banyak orang. Ssssst... jangan bilang-bilang ya sebelum Sobat mengunjungi tempat wisata tersebut. Pastikan Sobatlah yang pertama kali berkunjung sebelum teman, pacar, ortu, guru, kakek, nenek, atau orang lain mengunjungi tempat wisata ini.

Seperti kita ketahui bersama-sama (kecuali kalau Sobat belum tahu.. heheh), Bandung sudah menjadi tujuan wisata bagi warga Djakarta, Bogor dan sekitarnya. Terbukti jika Sobat ke Bandung pada hari libur, banyak kendaraan dengan nomor polisi "B" di Bandung ini. Tapi...., jangan kalah dengan mereka yang sudah berkali-kali ke Bandung. Karena kali ini mungkin saja Sobat akan mendapatkan ide untuk berkunjung ke tempat baru yang belum Sobat ketahui sebelumnya, khususnya wisata alam di Bandung.

Langsung saja ya Sobat, simak baik-baik... ingat sekali lagi Jangan kasih tahu orang lain, sebelum Sobat berkunjung ketempat ini...xixixi.

1. Wisata Alam Kebun Bukit Tunggul


Pabrik pengolahan kina Bukit Tunggul

Rumah Administratur Kebun Bukit Tunggul
Kebun Bukit Tunggul adalah nama perkebunan yang berada dibawah manajemen PT. Perkebunan Nusantara VIII. Kebun yang membudidayakan tanaman kina ini, terletak di 2 Kabupaten. Sebagian besar lahan perkebunannya terletak di Kabupaten Bandung, dan sisanya di Kabupaten Bandung Barat. Perkebunan Bukit Tunggul ini adalah warisan perusahaan Belanda yang telah dinasionalisasikan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1959. Perusahaan Belanda tersebut tepatnya NV. Cult Mij Panglipur Galih, NV. Cult My Tjikapundung dan NV. Kina My Tjilongkrang.

Kantor Induk Kebun Bukit Tunggul sendiri terletak di Kampung Cisarua RT 02 RW 07 Desa Cipanjalu Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Untuk menuju ke Perkebunan ini bisa ditempuh dari Kab. Bandung Barat : Lembang - Maribaya - Cibodas - Bukit Tunggul (sekitar 15 km). Atau dari Kota Bandung : Dago - Lembang - Cibodas - Bukit Tunggul, atau dari Ujung Berung - Cigending- Palintang - Bukit Tunggul (sekitar 10 km). Semua kendaraan bisa masuk kesini Sob terutama dari jalur Lembang - Maribaya-Cibodas. Untuk jalur Ujung Berung, trek jalannya banyak tanjakan tajam, jadi lebih nyaman menggunakan sepeda motor.

Apa yang ada di Bukit Tunggul? Tentu saja perkebunan Kina :D, tapi karena Kebun ini berada diketinggian sekitar 1500 - 2000 meter Sobat bisa merasakan udara yang sejuk, pemandangan alam yang bagus dan tentu saja beberapa fasilitas wisata outbound seperti spiderweb, Jembatan goyang, flying fox juga  fasilitas penginapan, saung untuk acara hiburan, perangkat sound system bahkan peralatan camping sudah tersedia disini. Sobat juga bisa mengunjungi pabrik tempat pengolahan pohon kina dan berjalan jalan atau bersepeda ria di areal perkebunan kina nan subur di gunung Bukit Tunggul..

Jembatan Goyang
flying fox
Spiderweb
Saung hiburan
Fasilitas Camping
Bersepeda di Perkebunan Kina


Berikut daftar fasilitas berikut tarif wisata di Kebun Bukit Tunggul :



Untuk Sobat yang sekedar ingin jalan-jalan atau sasapedahan (bersepeda) di Kebun Kina Bukit Tunggul, jangan takut tersesat, ada peta lokasi dan juga bisa menggunakan jasa guide dari Kebun Bukit Tunggul ini.


Penulis sendiri pernah beberapa kali menginap di Kebun Bukit Tunggul, disaat penulis mengikuti pelatihan  dan rapat-rapat kerja yang kebetulan diadakan disini. Sepertinya berwisata ke Kebun Bukit Tunggul lebih tepat buat rombongan keluarga atau teman kerja / sekolah. Hawanya yang sueger bikin enak makan, menghilangkan beban hidup (kalo masih punya beban) seperti hutang, tugas sekolah / kuliah dll.. heheh. Pokoknya bikin hati dan fikiran jadi fresh dech.

Untuk mencari informasi atau pemesanan Sobat bisa menghubungi Kebun Bukit Tunggul Telp 022-6973444 atau email : [email protected]

Nantikan artikel selanjutnya ya Sobat, tentunya akan membahas lagi wisata alam di Bandung yang belum banyak diketahui.. :D

Artikel Selanjutnya Tempat Wisata Alam di Bandung yang belum banyak diketahui : Tebing Keraton, Gambaran Bandung Tempo Doeloe


Referensi dan sumber foto :
http://www.kaskus.co.id/thread/51c07df359cb17c847000010/bukit-tunggul-wisata-gunung-yang-masih-asri-di-dekat-bandung
http://wisatakebunkinabukittunggul.blogspot.com/

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Alam di Bandung yang Belum Banyak Diketahui (1)"

Posting Komentar