Keindahan Tari Merak Pasundan

Tari Merak
Tari Merak adalah salah satu tari tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Pasundan (Provinsi Jawa Barat). Tari merak dari Jawa Barat ini diciptakan oleh seorang tokoh seni Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950. Namun dalam perjalanan waktu dan sejarah Tari Merak ini mengalami beberapa kali revisi diantaranya Tari Merak yang telah dibuat ulang oleh Irawati Durban pada tahun 1965.

Tari merak diciptakan terinspirasi dari gerak dan keindahan warna burung merak. Akan tetapi jangan salah, bahwa keindahan gerak yang disimbolkan dalam tarian ini adalah merupakan gerakan merak jantan. Merak jantan akan menunjukan keindahan bulu dan ekornya untuk menarik perhatian burung merak betina sehingga mau menjadi pasangannya. Gerakan merak jantan inilah yang menjadi gerakan tari merak dari Jawa Barat.

Ciri khas tari Merak ini adalah pada pakaian tari yang dikenakan oleh para penari. Pada umumnya menggunakan selendang yang diikatkan pada bagian pinggan, apabila selendang tersebut dibentangkan maka akan terlihat keindahan warna dan corak ekor burung merak.

Tari merak ini biasanya dimainkan secara rampak (bersama-sama) sekitar 3 penari atau lebih yang masing-masing memiliki peran sebagai merak jantan dan merak betina.

Tari merak ini biasanya dimainkan pada upacara adat mapag panganten (menyambut mempelai pria) yang merupakan satu kesatuan tradisi perkawinan tradisional di Jawa Barat. Selain itu, tari merak juga sering ditampilkan untuk menyambut tamu. Tari merak ini sudah sangat terkenal baik di ranah nasional maupun internasional. Jadi, kita sebagai generasi muda Indonesia wajib tahu asal usul dan sejarah tari merak ini. Hingga warisan Bangsa yang demikian indah bisa lestari dan takkan lekang dan tergerus oleh modernisasi.

Untuk mengetahui seperti apa keindahan tari merak, mari kita simak video Tari Merak / Peacock Dance yang diambil dari situs youtube.com.




Demikian sekilas keindahan teri merak Pasundan, semoga bermanfaat!

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Tari Merak Pasundan "

Posting Komentar