Alat Musik Tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan

Alat Musik Tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan adalah nama sebuah Provinsi di Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Sumatera Selatan berada di Kota Palembang. Kota yang dikenal dengan makanan khasnya kapal selam / empek-empek palembang ini, memilik beragam alat musik tradisional.

Alat musik tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan ini terdiri dari beberapa instrumen yang kemungkinan dapat ditemukan pula di beberapa daerah lain di Indonesia, namun demikian terdapat perbedaan diantaranya nama dan irama yang dimainkannya yang disesuaikan dengan adat istiadat yang ada di Sumatera Selatan ini.

Dan berikut ini alat musik tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan yang disarikan dari beberapa sumber online :

1. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - "Burdah / Gendang Oku"


Burdah atau Gendang Oku ini adalah alat musik tradisional dari Sumatera Selatan sejenis rebana yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Dibandingkan dengan rebana, ukuran burdah lebih besar. Di Sumatera Selatan, alat musik tradisional Burdah / gendang oku ini dimainkan untuk mengiringi lagu Islami (barjanji) pada acara keagamaan yang dimainkan sendiri maupun berkelompok. Burdah juga sering digunakan untuk mengiringi kesenian pencak silat.

Alat Musik Burdah - hak cipta gambar http://www.indonesiaheritage.org

2. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Alat Musik Tenun


Alat musik tradisional dari Sumatera Selatan selanjutnya disebut dengan alat musik tenun. Disebut alat musik tenun dikarenakan alat musik ini biasanya dipergunakan sebagai penghibur para pekerja yang sedang menenun. Alat musik tenun ini terbuat dari kayu yang berbentuk persegi panjang, dengan ornamen segitiga berangkai ditengahnya. Segitiga berangkai yang berada di tengah alat musik inilah yang dibunyikan dengan cara dipukul sehingga menimbulkan bunyi dengan nada-nada tertentu.

Alat Musik Tenun - Sumber gambar http://www.indonesiaheritage.org

3. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Gambus


Alat musik gambus merupakan alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Walaupun alat musik gambus ini dapat ditemui di beberapa daerah di Indonesia, akan tetapi bentuk alat musik gambus dari Sumatera Selatan ini tentu saja memiliki ciri khas seperti gambar dibawah ini.

Alat Musik Gambus - Sumber gambar http://www.indonesiaheritage.org

4. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Kenong Basemah


Alat musik tradisional kenong dapat ditemui juga di beberapa daerah di Pulau Jawa. Kenong merupakan alat musik yang terbuat dari tembaga yang merupakan salah satu alat musik tradisi yang melengkapi gamelan jawa. Di Sumatera Selatan terdapat alat musik kenong khas gamelan suku Basemah di daerah Pagar Alam Sumatera Selatan.

Alat musik kenong Basemah

5. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Terbangan


Terbangan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat musik pukul yang berasal dari Sumatera Selatan ini disebut juga dengan rebana.  Terbangan terdiri dari  empat rebana Hadrah dan satu buah Jidur (Bedug kecil), biasanya berwarna merah, hitam, dan emas.





6. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Genggong


Selain ditemukan di daerah Bali, ternyata Genggong juga ada di Sumatera Selatan. Namun walaupun namanya sama ternyata bentuknya sangat berbeda.

Genggong ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Besemah Kota Pagaralam, sejenis alat musik tiup yang menghasilkan suara mirip harmonika.

Alat musik ini terbuat dari bilah bambu, kayu, pelepah enau atau logam dan dimainkan dengan cara dipegang ditangan kiri dan bagian sisinya ditempelkan ke bibir. Selanjutnya dengan mainkan lidah getar yang ada pada genggong dengan tangan kanan maka genggong akan menghasilkan bunyi. Sedangkan untuk mengubah nada-nada dalam melodi genggong dilakukan dengan mengolah posisi rongga mulut yang juga berfungsi sebagai resonator.

Genggong Basemah - sumber : http://www.pagaralamwisata.com
Demikian 6 alat musik tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan, semoga bermanfaat... :D

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Musik Tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan"

Posting Komentar