Kesenian Rampak Gendang

Kesenian Rampak Gendang merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. "Rampak" berasal dari bahasa sunda yang bermakna serempak atau secara bersama-sama, jadi rampak gendang bisa diartikan sebagai suatu pertunjukkan gendang yang dimainkan secara bersama-sama. Oleh karena itu, pertunjukkan Rampak Gendang selalu dimainkan oleh dua orang atau lebih.

 Gendang atau kendang merupakan salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul. Para Nayaga (pemain) kendang dalam kesenian rampak gendang lebih dari 2 orang.

Gendang ditabuh dengan irama yang dinamis dan serentak. Biasanya diiringin dengan gerakan-gerakan berupa tarian yang kompak antar pemain kendang.

Saat ini rampak gendang banyak dimainkan oleh grup rampak baik laki-laki maupun perempuan. Kesenian tradisional rampak gendang ini bahkan sudah mulai dikenal dunia internasional.


Permainan rampak gendang saat ini juga sudah banyak divariasikan dengan instrumen lain. Sehingga permainannya tidak monoton menggunakan kendang. Hal ini semakin memperkaya jenis rampak gendang di Nusantara.

Loading...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesenian Rampak Gendang"

Posting Komentar